Pemeriksaan Kesehatan Tahunan Manfaatnya Apa?

Pemeriksaan Kesehatan Tahunan Manfaatnya Apa?

Pemeriksaan Kesehatan Tahunan Manfaatnya Apa? | Ciputra Healthcare

Kita sebagai pasien biasanya pergi ke dokter hanya ketika sedang sakit atau tiba-tiba merasa tidak nyaman di suatu tempat di tubuh kita. Tubuh kita yang sehat mungkin tidak memberikan alasan untuk mengunjungi dokter setiap tahun, tetapi pasti ada manfaat dari melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan. Jika Anda masih muda, Anda dapat melakukannya setiap 1-3 tahun tetapi siapa pun yang berusia di atas 40, disarankan untuk melakukannya setiap tahun. Banyak faktor yang berbeda untuk mempertahankan tubuh yang sehat – olahraga teratur, nutrisi yang baik dan kebiasaan gaya hidup sehat. Ini membutuhkan banyak disiplin dan dapat dipahami bahwa sulit untuk konsisten sepanjang hidup kita. Ini adalah salah satu alasan kita perlu melakukan pemeriksaan rutin terhadap fungsi tubuh kita

Manfaat pemeriksaan kesehatan tahunan:

1. Upaya Preventif (Pencegahan)
Salah satu manfaat terbesar adalah upaya preventif (pencegahan). Banyak lembaga medis yang menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan secara rutin dengan tujuan untuk mendeteksi dini penyakit tertentu. Ada tiga tingkat perawatan pencegahan dan ketiganya penting untuk pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan

– Pencegahan primer: untuk mencegah penyakit bagi orang yang berisiko. Contoh, imunisasi dan vaksinasi seperti campak, polio, tetanus dll.

– Pencegahan sekunder: untuk mengidentifikasi faktor risiko atau gejala penyakit. Contoh – Melakukan PAP smear untuk skrining kanker serviks.

– Pencegahan tersier: dalam pencegahan ini, begitu suatu penyakit terdeteksi, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan kesehatan tetap terjaga. Contoh, jika diketahui seseorang menderita penyakit jantung, maka kesehatannya dioptimalkan untuk mencegahnya terkena serangan jantung.

Selama pemeriksaan kesehatan tahunan, dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan kesehatan seperti tes tekanan darah, PAP smear dll., Vaksinasi seperti suntikan flu, obat-obatan untuk mengontrol penyakit yang sudah Anda alami dan bahkan konseling jika Anda merokok, atau memiliki kebiasaan gaya hidup yang perlu diubah.

Baca juga: Pemeriksaan USG Payudara

2. Dokumentasi medis terbaru
Dengan pemeriksaan kesehatan tahunan, tanda-tanda vital Anda akan diperbarui. Dengan cara ini, dokter akan melihat hasil tes kesehatan Anda yang terbaru. Anda akan dapat melacak bila terjadi perubahan pada tubuh Anda yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

3. Identifikasi penyakit terkait stres
Kita hidup di dunia yang serba cepat, selalu bergerak di mana kita kadang-kadang tidak memiliki kendali atas apa yang kita makan dan waktu untuk berolahraga. Jadwal kerja yang padat dan gaya hidup tidak menentu. Karena hal ini, stres dikatakan sebagai pemicu bagi banyak penyakit seperti penyakit pencernaan dll. Peningkatan stres dapat menyebabkan tidak hanya penyakit fisik tetapi juga psikologis. Pemeriksaan kesehatan tahunan kadang-kadang bisa menjadi intervensi yang kita butuhkan untuk menunjukkan bahwa kita mengambil terlalu banyak pekerjaan atau ada yang tidak beres dengan tubuh kita.

4. Perencanaan kesehatan
Jika kita rutin mengkonsumsi obat tertentu, dokter dapat memberi tahu efek obat ini terhadap tubuh kita jika Anda perlu terus meminumnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan, kita dapat juga merencanakan seperti apa kondisi tubuh kita di tahun depan dengan cara mengatur pola makan dan membuat pilihan gaya hidup yang lebih baik.

Baca juga: Pemeriksaan Kulit: Mengapa dan Bagaimana

5. Perawatan yang lebih personal
Pemeriksaan kesehatan rutin akan menentukan apakah Anda akan memiliki masalah tertentu atau melihat Anda dalam kondisi kesehatan yang baik. Percayalah kepada dokter yang melakukan pemeriksaan pada tubuh Anda dan informasikan secara terbuka dan jujur tentang kebiasaan baik ataupun buruk yang sehari-hari Anda lakukan terkait dengan kesehatan fisik Anda. Saat ini perawatan kesehatan sedang bergerak ke pendekatan yang lebih personal. Pemeriksaan rutin membantu dokter Anda mempersonalisasi perawatan yang mereka berikan kepada Anda dan juga menjadi bagian integral dari perjalanan Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
Reviewed by: dr. Sylvani Gani

Source: https://info.meopin.com/5-benefits-annual-health-checkup/