10 Tips untuk Menghilangkan Stres Saat Liburan

10 Tips untuk Menghilangkan Stres Saat Liburan

Bukan hanya Anda yang merasa stress saat liburan berlangsung. Tarik napas dalam – dalam, tersenyum dan tetap berpikir positif. Untuk menghilangkan rasa stress atau rasa jenuh, berada di rumah untuk liburan merupakan salah satu hal yang terindah yang dapat dilakukan setelah sibuk dari rutinitas harian biasa. Banyak juga yang memilih untuk pergi berlibur ke tempat – tempat yang istimewa, akan tetapi mungkin Anda akan merasa stress ketika mengalami penundaan jadwal penerbangan, bandara yang penuh sesak, pusing memilih hadiah yang akan dibawa, dan harus mengurus anak di saat yang bersamaan. Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda agar terhindar dari stress pada saat liburan. Artikel ini difokuskan sebagian besar pada perjalanan udara, tetapi prinsip – prinsip ini dapat diterapkan pada cara apa pun yang digunakan.

 

  1. Pesan lebih awal: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Atur rencana perjalanan Anda sedini mungkin untuk mendapatkan penawaran yang lebih murah dan jadwal yang lebih fleksibel. Pilih penerbangan non-stop jika Anda bisa. Jadwal penerbangan pagi hari memiliki kemungkinan kecil untuk delay dibanding jadwal setelahnya. Hindari bepergian dengan tanggal tersibuk – hari sebelum tanggal merah (dua hari sebelum dan sesudah Natal dan Tahun Baru). Lebih baik lagi, terbanglah pada tanggal merah, sehingga Anda tidak akan berpapasan dengan banyak orang.

  1. Digital: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Sebelum Anda meninggalkan rumah, unduh banyak hiburan ke tablet, e-reader, smartphone, laptop, atau pemutar DVD portabel. Video pertunjukan atau video game favorit untuk melawan kebosanan dan stres. Jika terjadi penundaan jadwal terbang yang tak terduga dan sedang membawa anak kecil, berikanlah video hiburan seperti kartun yang dapat menghindarkan mereka dari rasa bosan. Pastikan juga untuk membawa earphone yang sesuai dengan mereka, baterai cadangan, dan pengisi daya.

  1. Pergi lebih awal: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Tinggalkan rumah satu jam lebih awal agar Anda tidak harus tergesa gesa di saat check in. Semakin awal jadwal check in, semakin banyak waktu yang dapat dilakukan, seperti makan, bermain game dan lain – lain.

  1. Membawa sovenir: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Jika ingin membawa barang – barang sovenir sebagai hadiah bagi sanak saudara, pertimbangkan untuk membawa koper yang lebih besar. Atau, jika tidak ingin direpotkan dengan koper – koper besar, Anda dapat mengirimkannya via jasa pengiriman. Pastikan untuk mastikan keamanan barang – barang hadiah Anda, agar tidak rusak nantinya.

  1. Detektor keamanan: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Sebelum melewati detektor keamanan, masukkan dompet, kunci, ikat pinggang, telepon dan perhiasan ke dalam tas Anda agar tidak kerepotan. Jika bepergian dengan anak – anak, gunakan jalur keluarga jika tersedia. Pastikan, anak tahu apa saja yang harus di diperiksa, termasuk mainan.

  1. Plan B: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Persiapkan mental untuk menerima delay penerbangan. Hal in idapat membantu Anda untuk meminimalkan stress dan mempersiapkan Plan B. sebagai saran, bawalah camilan, pakaian ekstra, mainan kecil yang dapat digunakan selagi menunggu.

  1. Kenyang: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Jagalah agar perut dalam keadaan berisi dan terasa kenyang. Perut kosong dapat membuat Anda menjadi lebih mudah emosi dan bosan. Persiapkan dengan makanan berserat tinggi atau protein yang membuat Anda merasa kenyang, seperti kacang, buah kering, keju dan telur rebus.

  1. Bersikap tenang: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Bukan hanya Anda yang merasa stress saat liburan berlangsung. Tarik napas dalam – dalam, tersenyum dan tetap berpikir positif.

  1. Tetap sehat: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Sakit pada saaat berlibur hanya akan semakin menambah stress di saat liburan. Perjalanan musim dingin meningkatkan risiko pilek dan flu. Rencanakan sundikan vaksin flu sebelum liburan. Cuci tangan lebih sering karena Anda lebih sering berada di tempat umum.

  1. Perjalanan darat: tips untuk menghilangkan stres saat liburan

Jika menggunakan perjalanan darat, cobalah untuk membuat suasana menjadi lebih menyenangkan seperti melibatkan anak – anak untuk bernyanyi dan bermain game. Berhenti sesekali untuk merenggangkan kaki Anda dan beristirahat sejenak. Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa rem, baterai, cairan dan tekanan ban. Tak lupa untuk mempersiapkan kotak P3K.

 

Reviewed by: dr. Ditta

Source: https://www.webmd.com/balance/ss/slideshow-holiday-travel-less-stressful