Tips Menghilangkan Stress Di Tempat Kerja

Tips Menghilangkan Stress Di Tempat Kerja

Bagamana sih cara menghilangkan stress di tempat kerja? sudah mulai merasa jenuh, persaingan antar karyawan yang semakin sengit, pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuan Anda mungkin menjadi faktor penyebab stress di kantor. Ditambah lagi dengan masalah gaji yang tak sesuai dan lingkungan perusahaan yang kurang menyenangkan semakin membuat Anda merasa tak sanggup mengahadapi kejamnya dunia kerja.

Sahabat Healthcare, cobalah bersikap tenang terlebih dahulu, tarik nafas secara perlahan dan hembuskan kemudian. Yang perlu diketahui adalah semakin Anda merasa stress atau tertekan, maka tingkat kinerja Anda akan semakin menurun yang pada akhirnya akan memberikan dampak negatif tidak hanya kepada perusahaan tetapi juga terhadap nilai profesionalitas Anda. Tidak mau hal ini terjadi. Yuk, simak tips menghilangkan stress di tempat kerja berikut:

stresskerja

1.Bersyukur

Dengan bersyukur, Anda akan memberikan respon positif pada sisi psikologis Anda dan membuat Anda lebih mudah untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang membuat stress.

Sebagai contoh; Anda dapat menajatkan doa dan mengucapkan syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas pekerjaan yang dipercayakan kepada Anda. Kemudian, harus tetap menyadari bahwa pekerjaan rumit yang dihadapi sekarang akan menaikkan level skill Anda.

stresskerja

2.Tarik nafas dalam – dalam

Dalam keadaan stress, Anda akan cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Tarik nafas melalui hidung kemudian buang lewat mulut. Lakukan hal ini selama 3 – 4 menit. Dengan menarik nafas dalam – dalam akan membuat tubuh merasa lebih rilex dan mengurangi rasa stress dan penat dalam pikiran Anda. Juga akan membantu otak Anda untuk mendapatkan oksigen lebih sehingga membuat lebih fokus.

stresskerja

3.Mendengarkan musik

Musik akan menjadi salah satu jawaban yang tepat untuk mengubah mood Anda. Ambil waktu sejenak untuk mendengarkan musik kesukaanmu yang memiliki beat / irama yang santai ataupun sedikit cepat. Gunakan headset Anda agar tidak mengganggu rekan kerja yang lain. Namun, tetap ingat untuk segera kembali mengerjakan tugas Anda.

stresskerja

4.Menonton video lucu

Sama seperti mendengarkan musik, menonton video lucu juga akan mengubah mood Anda lebih cepat. Carilah channel youtube yang ber-genre komedi yang pastinya dan tetap ingat untuk kembali bekerja seusai menonton video lucu.

stresskerja

5.Lakukan stretching

Posisi duduk yang lama dan kepala yang menatap layar komputer terlalu lama akan membuat tubuh Anda terasa kaku. Lakukan peregangan untuk melancarkan peredaran darah sehingga menurunkan tingkat stress Anda.

stresskerja

6.Jangan tunda pekerjaan Anda

“Ah, masih bisa nanti kok”. Mungkin beberapa dari Anda suka mengucapkan kalimat ini dan memilih untuk melakukan hal yang kurang berguna. Tapi, semakin ditunda, maka akan semakin banyak pekerjaan yang menumpuk. buatlah daftar priotitas untuk pekerjaan Anda dan kerjakan sesuai dengan daftar yang Anda buat. Dengan demikian, pekerjaan Anda akan selesai dengan lebih ceoat dan efektif.

stresskerja

7.Membuat area kerja senyaman mungkin

Bersihkan area kerja Anda, seperti meja, kursi dan laci agar tidak ada kotoran ataupun bau yang mengganggu. Jika Anda senang dengan tumbuhan, Anda dapat meletakkan pot bunga kecil di atas meja kerja dan jika penyuka hewan, mungkin Anda dapat memikirkan untuk membuat aquarium berisi ikan di atas meja kerja Anda.

Reviewed by: dr. Ditta

 
Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.com

Facebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter