Akupunktur Jakarta di Mana? Cari Tahu di Sini!

Akupunktur di kota besar, seperti akupunktur / akupuntur Jakarta pernah dengar? Sekarang sudah banyak tersedia layanan akupunktur / akupuntur Jakarta. Tak hanya di Jakarta saja, akupunktur dapat Anda coba layananya di kota-kota besar lainnya. Anda bisa mendatangi fasilitas kesehatan, seperti klinik dan rumah sakit. Begitu mendengar kata akupunktur pasti yang ada dibenak Anda persoalan tusuk-menusuk jarum ke bagian tertentu pada tubuh bukan? Lebih jelas simak uraian berikut ya, Sahabat Sehat!

Akupuntur Jakarta

Teknik akupunktur seiring waktu beradaptasi menjadi salah satu cabang ilmu kedokteran modern yang disebut sebagai akupunktur medik. 

Akupuntur / Akupunktur

Iya betul sekali, akupunktur / akupuntur adalah perawatan kesehatan tradisional yang berasal dari Tiongkok kuno. Prosedur ini biasa dilakukan untuk merangsang titik-titik anatomi tubuh. Teknik ini dilakukan dengan jarum yang sangat halus. Akupunktur merangsang kemampuan tubuh untuk melawan atau mengatasi penyakit dan memperbaiki ketidakseimbangan energi. Akupunktur juga mendorong tubuh untuk memproduksi bahan kimia yang mengurangi atau menghilangkan sensasi nyeri.

Akupunktur sendiri sudah diterima di kalangan medis. Dilansir dari WebMD, sebuah survei baru-baru ini menemukan hampir 3,5 juta orang Amerika mengatakan mereka telah menjalani akupuntur pada tahun sebelumnya. Akupuntur telah berkembang sejak 1971. Bahkan akupunktur pertama kali muncul di Amerika Serikat berkat sebuah cerita yang ditulis di The New York Times. Artikel tersebut ditulis seorang reporter yang telah mengunjungi China dan menulis tentang bagaimana dokter menyembuhkan rasa sakitnya dari operasi punggung menggunakan jarum. Akupunktur mendapat persetujuan FDA tahun 1996. Sejak saat itu, selama hampir 20 tahun studi menunjukkan akupunktur dapat berhasil untuk penyembuhan.

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, tubuh memiliki lebih dari 2.000 titik-titik ini. Mereka terhubung dengan jalur atau meridian, yang menciptakan aliran energi yang disebut Qi (diucapkan “chee”). Merangsang titik-titik ini dikatakan memperbaiki ketidakseimbangan qi dan meningkatkan aliran energi. Praktisi percaya bahwa ini membantu menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan kesehatan.Diperkirakan efeknya berasal dari stimulasi sistem saraf pusat. Ini dapat memicu pelepasan bahan kimia ke dalam otot, sumsum tulang belakang, dan otak. Bahan kimia ini mengubah rasa sakit atau menghasilkan perubahan tubuh yang meningkatkan rasa nyaman.

Manfaat Akupuntur / Akupunktur

Jika Anda sedang memutuskan apakah akupunktur tepat untuk Anda, yang terbaik adalah bersikap terbuka terhadap manfaatnya dan skeptis terhadap klaim bahwa akupunktur adalah obat ajaib untuk semua. Sebagai contoh manfaat akupunktur dapat menyembuhkan berbagai penyakit di antaranya sebagai berikut:

Nyeri Kronis

Akupunktur telah lama dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk nyeri kronis. Pada tahun 2012, sebuah penelitian menemukan akupunktur lebih baik daripada tidak ada akupunktur atau akupunktur simulasi untuk pengobatan empat kondisi nyeri kronis sebagai berikut:

Kanker

Akupuntur sebagai tambahan dari perawatan kanker standar, seperti kemoterapi, radiasi, atau pembedahan. Akupuntur dalam kanker terutama digunakan untuk membantu meredakan mual dan muntah selama perawatan kemoterapi, serta mengurangi nyeri pada kanker stadium akhir.

Kram Menstruasi

Biasanya beberapa wanita pernah merasakan haid yang menyakitkan. Kondisi seperti ini biasa dikenal sebagai dismenore. Beberapa penelitian menunjukkan akupunktur dapat membantu meredakan akibat kram menstruasi.

Perawatan Kesuburan

Sedang menjalani program hamil? Anda bisa mencoba perawatan kesuburan dengan akupunktur. Akupuntur dapat meningkatkan tingkat keberhasilan perawatan seperti fertilisasi in vitro. Satu studi menunjukkan akupunktur dapat membantu beberapa wanita hamil dengan mengurangi kecemasan dan stres yang dirasakan oleh mereka yang menjalani perawatan kesuburan. Ini dapat meningkatkan aliran darah ke rahim. Dengan membaiknya aliran darah ke Rahim, diharapkan akan membantu pematangan sel telur. Hal tersebut meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan seorang bayi.

Titik Akupunktur

Ada ratusan titik akupunktur yang ada di tubuh. Jika disebutkan satu per satu tentu terlalu banyak. Berikut tiga titik akupuntur yang umum digunakan oleh ahli akupunktur dan praktisi akupresur.

  • Usus besar 4 (LI 4): Ini ada di jaringan berdaging yang lembut di antara ibu jari dan telunjuk Anda.
  • Hati 3 (LR-3): Terletak di bagian atas kaki Anda dari celah antara jempol kaki dan kaki sebelah.
  • Limpa 6 (SP-6): Ini adalah sekitar tiga jari di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam Anda.
Akupuntur Jakarta
Akupunktur juga berperan sebagai terapi pelangkap atau tambahan untuk mengobati suatu penyakit. 

Kinerja Akupunktur

Dihimpun dari WebMD, teori menyebutkan akupunktur dapat bekerja dengan:

  • Mempercepat penghantaran sinyal elektromagnetik. Ini dapat merangsang pengeluaran hormon pereda nyeri seperti endorphin, atau hormone lain yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.
  • Memicu pelepasan opioid alami. Ini adalah bahan kimia di otak yang dapat mengurangi rasa sakit atau membantu tidur.
  • Mengubah sistem pengaturan hormon otak dengan mengatur pelepasan neurotransmitter dan neurohormon. Neurotransmitter merangsang atau meredam impuls saraf. Neurohormon dapat mempengaruhi fungsi atau aktivitas suatu organ di dalam tubuh.

Poin yang Perlu Dipertimbangkan Tentang Akupunktur

Akupunktur aman jika dilakukan dengan teknik dan metode yang benar. Jika Anda mempertimbangkan untuk menjalani akupunktur, sebaiknya Anda mendatangi seorang dokter spesialis akupunktur berlisensi medis (Sp. Ak). Beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan, antara lain.

Periksa Kondisi Diri

Akupunktur bisa berbahaya jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu, memiliki alat pacu jantung, berisiko infeksi, memiliki masalah kulit kronis, atau sedang hamil. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda menjalani terapi akupunktur.

Periksa Lisensi Ahli Akupunktur Anda

Sebagian besar negara memerlukan izin untuk mempraktikkannya. Anda bisa mendapatkan rujukan dari dokter Anda.

Perhatikan Diagnosis Penyakit

Jangan mengandalkan diagnosis penyakit yang mungkin Anda peroleh dari praktisi akupunktur kecuali mereka juga seorang dokter medis berlisensi. Jika Anda mendapatkan diagnosis dari dokter, tanyakan apakah akupunktur dapat membantu.

Risiko Akupunktur dan Efek Samping

Prosedur ini umumnya aman dilakukan oleh ahli akupunktur yang berpengalaman dan terlatih. Efek samping yang serius, seperti infeksi, organ yang tertusuk jarang terjadi. Jadi, itulah penjelasan mengenai akupunktur / akupuntur Jakarta yang bisa Anda ketahui. Kalau Anda memiliki keluhan kesehatan dan tertarik mencoba perawatan akupunktur, Anda bisa langsung datang ke klinik atau rumah sakit terdekat di daerah Anda. Sebelum memulai akupunktur, cari tahu mana saja tempat yang menyediakan ahli akupunktur terlatih dan berpengalaman di bidangnya. Sekarang sudah banyak tersedia pelayanan akupunktur Jakarta. Salah satunya, Ciputra Medical Center memberikan layanan akupunktur medik untuk membantu masalah kesehatan Anda.

Ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat akupunktur / akupuntur Jakarta. Selain untuk kesehatan, peran akupunktur dalam memperlancar sirkulasi, mempertahankan keseimbangan hormonal dan induksi kolagen bisa juga Anda pilih sebagai alternatif perawatan kecantikan secara alami. Frekuensi akupunktur juga menentukan keberhasilan terapi suatu penyakit. Bagaimana tertarik mencoba akupunktur / akupuntur jakarta?

Telah direview oleh dr. Edwin Halim

Source: