Serba-Serbi Akupunktur: Akupunktur Mengatasi 12 Penyakit Ini

Serba-Serbi Akupunktur: Akupunktur Mengatasi 12 Penyakit Ini

Apa itu Akupunktur?: Serba Serbi Akupunktur

Akupunktur adalah praktik penyembuhan tradisional Tiongkok kuno di mana jarum tipis ditempatkan pada titik-titik tertentu dalam tubuh. Ini terutama digunakan untuk menghilangkan rasa sakit tetapi juga telah digunakan untuk mengobati kondisi lain. Lebih dari 3 juta orang Amerika menggunakan akupunktur, tetapi bahkan lebih populer di negara lain. Di Prancis, misalnya, satu dari lima orang telah mencoba akupunktur.

 

Cara Kerja Akupunktur: Serba Serbi Akupunktur

Akupunktur berusaha untuk melepaskan aliran energi vital tubuh atau “chi” dengan merangsang titik di sepanjang 14 jalur energi. Para ilmuwan mengatakan jarum menyebabkan tubuh melepaskan endorfin – obat penghilang rasa sakit alami – dan dapat meningkatkan aliran darah dan mengubah aktivitas otak. Skeptis mengatakan akupunktur hanya bekerja karena orang percaya itu akan, efek yang disebut efek plasebo.

 

Apakah Akupunktur Menyakitkan?: Serba Serbi Akupunktur

Jarum akupunktur sangat tipis, dan kebanyakan orang tidak merasakan sakit atau sangat sedikit rasa sakit ketika dimasukkan. Mereka sering mengatakan bahwa mereka merasa bersemangat atau rileks setelah perawatan. Namun, jarum dapat menyebabkan rasa sakit sementara.

1. Akupunktur Mengatasi Nyeri Punggung Bagian Bawah

Jika perawatan standar tidak meredakan nyeri punggung bawah kronis Anda, akupunktur dapat dicoba untuk mengatasi hal ini. Satu studi besar menemukan bahwa akupunktur bekerja lebih baik daripada perawatan konvensional untuk sakit punggung yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan. Hal ini berlaku untuk akupunktur untuk nyeri jangka pendek (akut) di punggung bawah.

2. Akupunktur Mengatasi Sakit kepala

Akupunktur dapat membantu meredakan migrain atau sakit kepala tipe tegang. Dua penelitian besar menemukan bahwa orang yang menerima akupunktur memiliki lebih sedikit hari dengan sakit kepala tipe tegang daripada mereka yang menerima perawatan konvensional.

3. Akunpunktur Mengatasi Fibromyalgia

Studi yang menguji seberapa baik akupunktur bekerja melawan rasa sakit fibromyalgia memiliki hasil yang beragam. Beberapa menunjukkan bahwa itu memberikan penghilang rasa sakit sementara, tetapi yang lain tidak. Sebuah penelitian kecil oleh Mayo Clinic menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengurangi dua masalah fibromyalgia lainnya: kelelahan dan kecemasan. Tetapi secara keseluruhan, belum ada cukup bukti untuk membuktikan bahwa akupunktur berfungsi untuk fibromyalgia.

4. Akupunktur Mengatasi Nyeri Artritis

Akupunktur dapat menjadi terapi tambahan yang bermanfaat untuk pengobatan konvensional untuk osteoarthritis, menurut National Institute of Arthritis dan Musculoskeletal and Skin Diseases. Dan beberapa penelitian awal yang paling menjanjikan menunjukkan akupunktur meredakan nyeri dan radang pada sendi lutut. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bahwa itu efektif untuk osteoartritis.

5. Akupunktur Mengatasi Carpal Tunnel Syndrome (Nyeri Tangan)

Akupunktur diuji dan dibandingkan dengan pengobatan steroid untuk nyeri tangan dan lengan dari sindrom carpal tunnel. Para peneliti di Taiwan memberi satu kelompok delapan perawatan akupunktur, lebih dari sebulan, dan pasien-pasien itu melaporkan terjadi perbaikan yang lebih banyak dan untuk waktu yang lebih lama, dibandingkan kelompok yang meminum obat. Sementara penelitian seperti ini telah menjanjikan, masih banyak bukti yang diperlukan untuk mengkonfirmasi bahwa akupunktur efektif untuk sindrom carpal tunnel.

6. Akupunktur Mengatasi Sakit gigi

Akupunktur memberikan kelegaan dari rasa sakit pencabutan gigi atau operasi gigi. Meski demikian, sakit gigi dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu kondisi yang merespon akupunktur.

7. Akupunktur Mengatasi Nyeri lainnya

Orang-orang telah mencoba akupunktur untuk sakit leher, nyeri otot, tennis elbow, dan kram menstruasi, dengan harapan dapat menghindari pengobatan dan efek sampingnya. Organisasi Kesehatan Dunia mencantumkan 28 kondisi berbeda yang terkadang diobati dengan akupunktur. Di A.S., sebuah tinjauan oleh National Institutes of Health menyerukan penelitian yang kuat untuk memverifikasi janji bahwa akupunktur berlaku untuk banyak kondisi yang berbeda.

8. Akupunktur Mengatasi Pereda Nyeri Tambahan

Akupunktur dapat memberikan pereda nyeri tambahan ketika digunakan bersama dengan obat pereda nyeri atau terapi lain, seperti pijatan. Akupunktur dapat mengurangi kebutuhan akan obat-obatan dan meningkatkan kualitas hidup orang dengan nyeri kronis.

9. Akupunktur Mengatasi Mual

Akupunktur pada titik akupunktur perikardium (P6) di pergelangan tangan dapat mengurangi gejala mual dan muntah, bahkan setelah perawatan atau pembedahan obat kanker. Studi membandingkan 10 metode akupunktur yang berbeda – termasuk jarum, stimulasi listrik, dan akupresur – dengan obat yang menghambat mual atau muntah dan menemukan bahwa perawatan akupunktur terbukti bekerja.

10. Akupunktur dan Perawatan Kanker

Karena akupunktur dapat mengurangi rasa sakit, mual, dan muntah, kadang-kadang digunakan untuk membantu orang mengatasi gejala kanker atau kemoterapi. Ini juga dapat membantu mengelola hot

flash yang terkait dengan kanker payudara. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu dan mencari praktisi yang memiliki pengalaman bekerja dengan pasien kanker.

11. Akupunktur dan Kesuburan

Selebriti seperti penyanyi Celine Dion dan Mariah Carey memuji akupunktur – digunakan bersama dengan perawatan infertilitas – dapat membantu mereka hamil. Tinjauan studi medis mendukung pandangan ini, menunjukkan bahwa akupunktur dapat meningkatkan efektivitas perawatan kesuburan. Satu teori menyatakan bahwa akupunktur membantu dengan mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke ovarium.

12. Akupunktur Mengatasi Anda Berhenti Merokok?

Akupunktur telah digunakan untuk berbagai kondisi lain, termasuk berhenti merokok, insomnia, kelelahan, depresi, dan alergi. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk penggunaan akupunktur untuk berbagai indikasi. Sebagai contoh, sebuah studi menemukan jarum akupunktur yang ditempatkan di telinga luar untuk membantu orang berhenti merokok ternyata tidak bekerja.

 

Akupunktur untuk Anak: Serba Serbi Akupunktur

Akupunktur umumnya dianggap aman untuk anak-anak, selama Anda menggunakan praktisi berlisensi yang mengikuti standar praktik yang disarankan. Ini terutama digunakan untuk mengendalikan rasa sakit atau mual dan muntah setelah operasi atau perawatan obat kanker. Bukti ilmiah tidak mendukung penggunaan akupunktur untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder.

 

Kapan Mempertimbangkan Akupunktur: Serba Serbi Akupunktur

Karena akupunktur jarang menyebabkan lebih dari efek samping ringan, maka akupunktur adalah alternatif potensial untuk obat penghilang rasa sakit atau perawatan steroid. Ini juga dianggap sebagai obat “pelengkap” yang dapat digunakan bersama dengan perawatan lain. Yang terbaik adalah mendiskusikan penggunaan akupunktur dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

 

Risiko Akupunktur: Serba Serbi Akupunktur

Meskipun akupunktur umumnya aman dan masalah serius jarang terjadi, ada beberapa risiko. Jarum yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi. Pastikan praktisi Anda menggunakan jarum steril yang dibuang setelah sekali pakai. Penting untuk mendapatkan pelayanan akupunktur dari seorang praktisi yang terlatih dalam akupunktur.

 

Siapa yang Tidak Dapat Menggunakan Akupunktur: Serba Serbi Akupunktur

Orang dengan gangguan pendarahan atau yang mngekonsumsi pengencer darah mungkin memiliki risiko perdarahan yang meningkat. Stimulasi listrik pada jarum dapat menyebabkan masalah bagi orang yang menggunakan alat pacu jantung atau perangkat listrik lainnya. Wanita hamil harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka sebelum melakukan akupunktur. Penting untuk tidak melewatkan perawatan medis konvensional atau hanya mengandalkan akupunktur untuk mengobati penyakit atau rasa sakit yang hebat.

 

Reviewed by: dr. Sylvani Gani

Source: https://www.webmd.com/pain-management/ss/slideshow-acupuncture-overview