Pengobatan Tinnitus Dengan Akupuntur

Pengobatan Tinnitus Dengan Akupuntur

Apakah Anda sering mendengarkan dengungan, baik itu suara desis, deru, dengingan ataupun siulan di telinga walupun keadaan di sekitar tidak berbunyi demikian? Jika ya, kemungkinan Anda menderita penyakit Tinnitus. Umumnya, hal ini dikarenakan faktor usia yang sudah lanjut, (biasanya memasuki usia 60 tahun). Tinnitus merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditandai dengan adanya gangguan pendengaran karena sumbatan dari kotoran telinga yang terlalu banyak dan tidak dapat hilang secara alami, sering mendengarkan audio atau suara dengan volume yang besar atau bising seperti melalui headset, bunyi mesin, bunyi ledakan, kerusakan pada koklea bagian dalam telinga, hingga pertumbuhan tulang telinga yang tidak normal.

Tinnitus juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti penyakit meniere, penyakit paget, hipertiroidisme, pecahnya gendang telinga, efek samping dari antibiotik dan aspirin, neuroma akustik dan gangguan kardiovaskular seperti hipertensi dan aterosklerosis. Pada kondisi ramai, penderita Tinnitus akan merasa biasa saja, tetapi pada kondisi sebaliknya, penderita akan dengan sangat jelas merasakan suara dengungan tersebut.

pengobatan tinnitus dengan akupuntur

Jenis Tinnitus

  1. Tinnitus Subyektif: Ini merupakan jenis yang umum dialami oleh para penderita dimana suara dengungan, dengingan, desis, siul dan suara deru hanya dapat didengar oleh penderita saja
  2. Tinnitus Objektif: Ini termasuk jenis yang sangat jarang dialami oleh penderita karena suara yang menganggu tersebut tidak hanya dirasakan oleh si penderita tetapi juga dapat didengarkan oleh orang lain, seperti dokter yang sedang memeriksa kondisi telinga pasien.

Ketika Anda merasa bunyi tersebut sangat mengganggu aktivitas anda dan disertai dengan terganggunya pendengaran dan rasa pusing, sudah saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat sedini mungkin.

pengobatan tinnitus dengan akupuntur

Pengobatan Tinnitis (Telinga Berdenging)

Untuk pengobatan telinga berdenging, akan dilakukan “treatment” yang berbeda tergantung dari faktor penyebabnya:

  1. Jika penyebabnya adalah penumpukan dan pengerasan kotoran pada telinga, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan metode pembersihan telinga sesuai dengan kondisi penumpukan.
  2. Jika penyebabnya merupakan efek samping dari obat – obatan yang sedang Anda konsumsi, maka dokter akan menganti resep obat Anda.
  3. Dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan mesin white noise yang berguna untuk menutupi suara internal di malam hari
  4. Dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan alat bantu dengar.

Pengobatan untuk penyakit Tinnitus dapat dilakukan oleh dokter spesialis Akupuntur Medis yang merupakan cabang ilmu kedokteran fisik yang memanfaatkan pengetahuan dan teknik rangsangan akupuntur yang sudah teruji secara ilmiah sesuai dengan kaidah yang terstandarisasi (Evidence Based Medicine).

Untuk masalah kesehatan yang terjadi pada area mata dan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), akupuntur dapat mengobati glaukoma, bhleparospasm, retinopati, tonsilitis, tinnitus, sinusitis, rhinitis alergika dan lain – lain. Frekuensi dari terapi akupuntur, jumlah jarum yang digunakan berbeda-beda tergantung dari jenis penyakit dan tingkat keparahan yang dialami.

Informasi lebih lengkap mengenai layanan Akupuntur.

Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(021) 298 881 37 / 

 
www.ciputramedicalcenter.com
Facebook: Ciputra Medical Center
Instagram: @ciputramedicalcenter