Peran Akupuntur Pada Stroke

Peran Akupuntur Pada Stroke

Akupuntur sudah dikenal sejak ribuan tahun sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit. Perawatan kesehatan ini berasal dari Tiongkok kuno. Belakangan ini, akupuntur baru saja dievaluasi untuk kondisi medis tertentu dengan standar yang digunakan pengobatan barat, yaitu peran akupuntur sebagai pengobatan stroke. Hasil dari evaluasi tadi menyatakan, akupuntur pada stroke bisa melengkapi rangkaian pengobatan stroke. Penasaran kan? Apakah akupuntur pada stroke ini efektif untuk menyembuhkan? Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut!

 

Akupuntur dan Stroke

Seperti kita ketahui, stroke adalah hilangnya fungsi otak secara tiba-tiba yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke bagian otak Anda. Sumbatan pada pembuluh darah di otak dan pendarahan di otak menjadi penyebabnya. Ketika aliran darah terputus ke bagian otak maka stroke akan terjadi pada otak Anda. Sebagian besar disebabkan oleh sumbatan atau hal lain yang menghalangi aliran darah ke otak, ini disebut stroke iskemik. Sekitar 10% disebabkan oleh pendarahan di otak, ini adalah stroke hemoragik. Kedua jenis stroke itu adalah kondisi yang serius dan, tergantung pada tingkat keparahannya, dapat menyebabkan kerusakan otak permanen.

Pengobatan dan terapi stroke umumnya memakan waktu yang lama. Prosesnya tidak cepat karena stroke dapat menyebabkan efek samping yang parah sehingga membutuhkan penaganan ekstra. Selama proses pemulihan ini, penderita stroke biasanya mencoba pilihan pengobatan lain yang mungkin bisa memulihkan saraf otak secara lebih maksimal.

Rehabilitasi adalah bagian penting dari pemulihan dari stroke. Seperti yang Anda ketahui, pilihan rehabilitasi sangat luas dan mencakup segala hal mulai dari aktivitas fisik hingga aktivitas kognitif dan emosional. Beberapa orang melihat akupunktur sebagai pelengkap metode rehabilitasi medik. Pengobatan ini biasa dilakukan menggunakan jarum yang sangat halus. Jarum akan ditusukkan pada kulit untuk merangsang titik-titik anatomi tubuh. Akupuntur merangsang kemampuan tubuh untuk melawan atau mengatasi penyakit dan memperbaiki ketidakseimbangan energi. Biasanya akupuntur terkenal digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti insomnia dan masalah pencernaan.

 

Apakah Akupuntur Memulihkan Stroke?

Saat Anda menemui dokter akupuntur, dokter akupuntur akan melihat kondisi Anda dan mendiskusikan bagaimana mereka dapat membantu Anda. Biasanya dokter akupuntur akan memeriksa lidah Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kesehatan Anda serta memeriksa denyut nadi Anda. Jika sudah waktunya untuk perawatan, dokter akupuntur akan meminta Anda untuk berbaring. Anda akan berbaring menghadap ke atas atau ke bawah bahkan bisa saja miring. Semua itu tergantung pada area mana yang akan diterapi oleh dokter akupuntur Anda. Dokter akupuntur akan dengan lembut memasukan jarum steril sekali pakai di area yang mereka yakini bermanfaat bagi tubuh pasien stroke.

Kemungkinan Anda tidak akan merasakan sakit apa pun saat mereka memasukkan jarum. Selama waktu ini, dokter akupunktur Anda mungkin menambahkan terapi panas atau pijatan ke area yang sedang diterapi. Satu sesi biasanya berlangsung selama 30 menit. Terapi akupuntur membutuhkan hingga 12 sesi. Beberapa penelitian memperlihatkan manfaat akupuntur untuk pemulihan stroke, tetapi sampai saat ini belum ada percobaan klinis yang menyatakan akupuntur benar-benar bisa menyembuhkan stroke. Minimnya penelitian akupuntur pada stroke disebabkan penelitian yang dilakukan tidak mencakup jumlah sampel yang besar sehingga sulit untuk menarik kesimpulan tertentu. Bahkan studi lain menunjukkan hal yang sebaliknya, seperti penelitian dari American Heart Association.

Pada penelitian ini ditemukan perbedaan antara penderita stroke yang menjalani rehabilitasi melalui akupuntur dan yang tidak melakukannya. Hasilnya terdapat peningkatan pada pergerakan motorik bagian tubuh yang mengalami kelumpuhan atau hemiplegia, namun tidak seberapa besar. Hal itu diakibatkan oleh efek plasebo dan kurangnya variasi pada hasil penelitian terdahulu. Oleh karena itu hingga kini manfaat akupuntur pada stroke belum bisa ditentukan secara pasti. Jika Anda ingin melakukan pengobatan akupuntur pada stroke jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Pastikan juga memilih dokter akupuntur yang bersertifikat dan berpengalaman di bidangnya.

peran akupuntur pada stroke
Akupuntur adalah pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok.

 

Risiko dan Peringatan Akupuntur

Jika Anda memutuskan menemui ahli akupuntur, pastikan Anda sudah konsultasi langsung ke dokter Anda dan diskusikan keinginan untuk menambahkan akupuntur sebagai rencana untuk pemulihan stroke. Dokter dapat membantu Anda menilai apakah ini pilihan terbaik untuk Anda. Jika Anda memiliki kelainan perdarahan atau jika Anda mengonsumsi pengencer darah, akupuntur bukan pilihan untuk Anda. Setelah konsultasi dengan dokter Anda, pastikan dokter akupuntur di daerah Anda memiliki lisensi dan mengikuti kode etik kesehatan. Efek samping yang biasa terjadi setelah akupuntur biasanya seperti, memar, mengalami pendarahan, atau nyeri di tempat penusukan akupuntur. Ini adalah respon normal terhadap proses tersebut. Saat Anda mengalami gejala lain dan tidak biasa, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Perlu diwaspadai apabila:

  • Penggunaan jarum suntik yang tidak steril dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.
  • Anda mungkin mengalami pendarahan atau memar di sekitar tempat suntikan.

 

Alternatif Selain Akupuntur

Jika Anda tidak tertarik dengan akupuntur atau ingin memilih metode perawatan lainnya. Anda  bisa mencoba metode fisioterapi, seperti terapi wicara dan latihan fisik. Perawatan ini dapat membantu melancarkan kembali kemampuan bicara, serta membantu memulihkan pergerakan lengan, kaki, dan tangan. Jika otak Anda mengalami kerusakan akibat stroke. Anda  perlu menemui spesialis saraf untuk terapi lebih lanjut. Selain itu, bisa juga bertemu dengan psikiater. Mereka dapat membantu mengelola perasaan dan emosi ketika menjalani pemulihan.

Jadi, dapat disimpulkan bhawa penyakit stroke yang serius menyebabkan kerusakan permanen. Dengan begitu, pengobatan untuk terapi stroke membutuhkan waktu lama. Belum lagi menunggu proses pemulihan kondisi penderita stroke selama pengobatan. Maka pilihan untuk rehabilitasi adalah bagian penting dari pemulihan stroke. Beberapa orang melihat akupuntur sebagai pelengkap metode rehabilitasi. Sebelum melakukan akupuntur sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan pengobatan alternatif ini tidak membahayakan kesehatan Anda. Selain akupuntur, alternatif lain, seperti terapi wicara bisa juga Anda temukan layanannya di Ciputra Medical Center. Untuk mendapatkan informasi lengkap dan pendaftaran segera hubungi kami!

 

Telah direview oleh dr. Sylvani Gani

Source