Tips Menahan Lapar Pada Saat Berpuasa

Tips Menahan Lapar Pada Saat Berpuasa

Berpuasa merupakan aktivitas ibadah yang mewajibkan orang untuk menahan lapar dan haus dalam rentang waktu beberapa jam dan juga mengobah pola makan dan tidur seseorang. Karena adanya perbedaan jam makan, ada beberapa orang yang sulit untuk menahan rasa lapar dan berakibat pada batalnya puasa.

Untuk itu yuk, simak tips menahan lapar pada saat berpuasa;

berpuasa

  1. Jangan mengonsumsi mie instan dan bubur di saat sahur

Makanan seperti mie instan dan bubur mengandung glikemik yang tinggi akan memberikan efek kenyang sementara, sehingga Anda akan cepat merasa lapar setelah memakannya. Jika demikian, maka Anda dapat gagal menahan rasa lapar di saat puasa dan dapat mengakibatkan batalnya puasa. Pilihlah makanan yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan makanan yang memiliki serat tinggi dan berprotein.

Namun, pada saat berbuka, akan lebih baik untuk makan dengan porsi yang secukupnya, selain agar tidak membuat Anda kelihatan kalap dengan makan yang berlebihan, lambung pun dapat bekerja secara maksimal.

berpuasa

  1. Menemukan aktivitas untuk menyibukkan diri

Untuk menunda rasa haus dan lapar pada saat berpuasa di bulan ramadhan, Anda dapat menyibukkan diri dengan membersihkan rumah, berkebun, membaca buku dan menyelesaikan tugas pekerjaan Anda. Fokuskan pikiran lebih kepada aktivitas yang sedang dilakukan sehingga membuat Anda lupa sejenak akan rasa lapar.

Salah satu ide terbaik untuk menghabiskan waktu selama berpuasa adalah dengan menonton film favorit Anda. Menonton film yang berdurasi panjang ataupun berseries akan membuat Anda terfokus pada jalan cerita dan akan membuat Anda lupa dari rasa lapar dan haus.

berpuasa

  1. Memenuhi kebutuhan cairan di saat berpuasa

Pada saat jam tidak berpuasa, pastikan Anda tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral minimal 2 liter per hari. Anda dapat menerapkan sistem 242 yang berarti 2 gelas air mineral di saat berbuka berpuasa, 4 gelas air mineral di antara jam makan malam sampai mau tidur dan 2 gelas air mineral pada waktu sahur. Dengan menerapkan sistem 242 seperti di atas, Anda membantu tubuh untuk terhindar dari dehidrasi.

Dengan terpenuhinya cairan tubuh, maka di saat berpuasa, Anda tidak akan cepat merasa lemas dan lelah, serta tidak mengalami bau nafas karena kondisi mulut yang kering.

berpuasa

  1. Tidur dan beristirahat

Jika Anda tidak sedang bekerja atau sekolah, maka tidur dapat menjadi pilihan yang tepat selagi menunggu waktu untuk berbuka. Tidurlah dalam rentang waktu satu atau dua jam sambil menunggu waktu berbuka puasa. Aktivitas tidur akan membatasi tubuh Anda untuk melakukan aktivitas yang membuat tubuh cepat lelah. Oleh karena itu, berikan porsi waktu yang seimbang untuk tidur dan melakukan kegiatan lain.

  1. Fokus akan manfaat berpuasa

Ada banyak manfaat dilakukannya puasa bagi tubuh manusia seperti meningkatkan detoksifikasi, menyehatkan sistem pencernaan, mengatasi masalah peradangan, mengatasi kadar gula darah, menigkatkan pembakaran lemak, mengurangi hipertensi, membantu menjaga berat badan hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, ketika Anda merasa ingin makan sebelum waktu berbuka, ada baiknya untuk mengingat kembali manfaat dari puasa yang sedang Anda jalankan.

Jika tergoda dengan harum / wangi makanan ataupun minuman yang berada di dekat Anda pada saat Anda sedang berada dii kondisi sedang lapar – laparnya, Anda dapat memilih untuk mengacuhkannya ataupun segera pergi dari tempat tersebut. Jika Anda mampu melewati godaan tersebut, maka Anda akan terbiasa dan dapat mengacuhkan godaan lainnya.

Nah, menahan lapar pada saat berpuasa bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan dan dapat disiasati dengan tips – tips di atas.

Reviewed by: dr. Ditta

Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.comFacebook: Ciputra Medical CenterInstagram: @ciputramedicalcenter