Makanan Minuman Terbaik dan Terburuk Untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan Minuman Terbaik dan Terburuk Untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan Minuman Terbaik dan Terburuk Untuk Menurunkan Berat Badan | Ciputra Medical Center

Tahun baru memang saatnya bagi Anda untuk menilai berat badan Anda dan mengukurnya apakah termasuk dalam katergori ideal atau tidak. Dengan mengetahui makanan apa yang Anda sering konsumsi dapat membuat Anda lebih mawas diri dalam memilih makanan. Jika Anda menghitung kalori, penting untuk memperhatikan apa yang ada di gelas serta apa yang ada di piring. Memilih minuman yang tepat dan mengawasi seberapa banyak yang Anda minum dapat membantu mengekang selera makan dan mengurangi kalori. Oleh karena itu, pada artikel kesehatan kali ini, Ciputra Medical Center akan membagikan daftar makanan dan minuman yang baik dan buruk disaat Anda ingin menurunkan berat badan.

Makanan dan minuman yang baik untuk menurunkan berat badan:

Air mineral
Mengganti minuman ringan dengan air mineral akan memangkas ratusan kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Minum dua gelas air sebelum makan juga dapat membantu menimbulkan rasa kenyang lebih cepat, sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Ini dapat membantu mempercepat metabolisme Anda pula.

Susu Skim atau Kedelai
Minuman yang rendah kalori tetapi bergizi tinggi adalah pilihan yang baik ketika ingin mencoba menurunkan berat badan. Susu skim dan susu kedelai dapat dikonsumsi bila Anda ingin menurunkan berat badan. Susu nabati, seperti susu almond, biasanya memiliki lebih sedikit kalori daripada susu sapi tetapi lebih sedikit mengandung protein, sehingga mereka tidak selalu lebih baik untuk menurunkan berat badan.
Makanan Minuman Terbaik
Baca juga: Manfaat Tempe: Makanan Murah Kaya Gizi

Teh Hijau
Teh hijau merupakan salah satu pilihan terbaik ketika ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya bebas kalori, tetapi beberapa penelitian menunjukkan ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung kafein dan zat gizi mikro yang disebut katekin. Manfaat dari teh hijau tampaknya hanya bertahan beberapa jam, jadi mungkin perlu untuk mengkonsumsi teh hijau setidaknya dua kali sehari.

Jus Sayuran
Jus sayuran sama bergizi dengan jus buah, dengan kalori lebih sedikit. Satu cangkir jus tomat memiliki 41 kalori, dibandingkan dengan 122 untuk jus jeruk. Memilih jus dengan bulir-bulir dapat memberikan tubuh asupan serat yang cukup yang dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Jus sayuran memang memiliki banyak natrium sehingga jika Anda membeli jus sayuran, pilihlah yang mengandung sodium rendah.

Kopi Hitam
Ketika Anda membutuhkan sedikit kafein, kopi adalah pilihan yang lebih baik daripada minuman berenergi atau soda. Kopi hitam bebas kalori dan kaya antioksidan. Studi menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang (sekitar 3 hingga 4 cangkir sehari) dapat meningkatkan mood dan membantu meningkatkan konsentrasi Anda. Ini juga bisa menurunkan kemungkinan Anda terkena diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Makanan dan minuman yang buruk untuk menurunkan berat badan:

Kopi Latte
Kopi moka sebesar 12 ons mengandung hampir 300 kalori, dan vanilla latte mengandung hampir 200 kalori. Tetapi jika kopi moka atau latte adalah pilihan Anda, Anda dapat membuat beberapa perubahan untuk menjaga kalori tetap terkendali. Sebagian besar penjual kopi menawarkan sirup bebas gula, atau Anda dapat memesan minuman dengan susu skim. Dan pastikan untuk tidak memakai krim kocok.

Soda
Setiap kali Anda menenggak sebotolminuman ini, Anda mendapatkan ratusan kalori. Beralih ke diet minuman ringan bisa memangkas kalori. Jika Anda makan atau minum lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, hanya dengan melakukan diet soda mungkin tidak berhasil.

Koktail
Minuman pesta seperti margarita atau mai tais bisa mengandung banyak kalori, terutama ketika Anda tidak membuatnya sendiri. Kunci minuman koktail yang sehat adalah dengan melewatkan campuran dengan soda, jus, atau campuran koktail premade. Sebaliknya, minum sesuatu yang sederhana, seperti vodka dan soda klub. Satu porsi vodka mengandung kalori sekitar 70 hingga 100 kalori, dan soda klub tidak menambah kalori sama sekali. Jika membutuhkan lebih banyak rasa, cobalah vodka yang sudah diberiksan tambahan rasa.
Makanan Minuman Terbaik
Baca juga: Makanan Sehat Untuk Otak Cerdas

Bir
Ini bukan minuman yang ideal jika ingin menurunkan berat badan, tetapi sekaleng bir biasanya tidak memberi Anda lebih dari 100 kalori.12 ons Bir mengandung kalori sekitar 150 kalori. Ketika dituangkan dari keran ke dalam gelas ( 16 atau 20 ons), jumlah kalori dapat naik hingga 250 kalori. Craft Bir juga dapat memiliki lebih banyak kalori.

Minuman Anggur
Segelas minuman anggur (sekitar 4 ons) biasanya mengandung sekitar 100 kalori, meskipun setaip jenisnya dapat bervariasi dalam jumlah kalori dan kandungan alkohol. Jika anggur adalah minuman favorit Anda, kurangi volume nya dengan mencampurnya dengan minuman tanpa kalori.

Minuman Energi
Bahan utama minuman ini adalah kafein, namun minuman energi biasanya memiliki kandungan lain di dalamnya seperti vitamin, suplemen herbal, creatine – dan gula. Jika ingin mengetahui kandungan kalorinya, periksalah label dengan hati-hati dan carilah minuman energi tanpa tambahan gula.
Telah di review oleh: dr. Sylvani Gani
Source: https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-best-worst-drinks-weight