Tata Cara Berpuasa Yang Menyehatkan

Tata Cara Berpuasa Yang Menyehatkan

Cara berpuasa yang menyehatkan. Kegiatan berpuasa merupakan salah satu kegiatan beribadah yang Anda lakukan untuk menambah pahala. Jika dilakukan dengan baik dan benar tentunya akan memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh Anda.

Berikut adalah tata cara berpuasa yang menyehatkan:

 

cara berpuasa yang menyehatkan

1.Pastikan untuk sahur dengan makanan bernutrisi

Sahur merupakan bagian dari proses kegiatan berpuasa untuk memakan dan meminum sesuatu yang dapat dilakukan pada malam hari sekitar jam 01.00 malam sampai pada batas waktu imsak. Sahur sendiri berguna untuk mempersiapkan energi dan daya tahan tubuh dalam berpuasa selama hampir 12 jam serta menurunkan kadar keasaman pada lambung untuk menghindari diri dari gangguan pencernaan.

Akan sangat baik untuk sahur dengan makan makanan yang bernutrisi seperti makanan dengan protein tinggi, karbohidrat cukup dan serat. Makanan dengan protein tinggi akan membuat Anda lebih tahan lapar pada saat siang hari. Nutrisi yang tercukupi akan membuat kegiatan berpuasa menjadi lebih optimal karena nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terjaga walaupun hanya dengan makan di saat sahur dan berbuka.

 

cara berpuasa yang menyehatkan

2.Menghindari tidur setelah sahur

Untuk seseorang yang mengalami gangguan lambung, tidur pada saat setelah sahur sebaiknya dihindari. Hal ini disebabkan karena pada saat tidur, gerakan saluran cerna akan meningkat sehingga lambung akan lebih cepat untuk mengalami kekosongan. Maka dari itu jangan heran ketika seusai bangun tidur setelah sahur , tubuh akan cenderung terasa lebih lemas karena pada saat tidur, penyerapan energi akan lebih cepat terjadi. Selain itu, produksi asam lambung lebih cepat, menyebabkan makanan lebih cepat untuk berubah menjadi khime (bubur makanan), sehingga Anda akan merasa lapar lagi.

 

cara berpuasa yang menyehatkan

3.Melakukan aktivitas positif pada saat berpuasa

Ketika berpuasa, bukan berarti Anda hanya mengurung diri dan tidak melakukan apa – apa. Justru hal ini akan semakin membuat diri untuk terus memikirkan puasa dan kapan jam berbuka akan tiba. Lakukanlah aktivitas yang tidak terlalu banyak menguras tenaga dan juga bermanfaat seperti membuat planning untuk liburan pada saat lebaran, membaca kitab suci, mendengarkan lagu, bersilahturahmi ke rumah sanak saudara ataupun teman – teman yang sudah lama tidak dikunjungi. Tentunya aktivitas tersebut akan membuat hari – hari Anda menjadi lebih bermakna dan sejenak melupakan diri dari rasa lapar.

 

cara berpuasa yang menyehatkan

4.Jangan makan berlebihan hingga kekenyangan

Pada saat waktu berbuka tiba, jangan menjadi kalap dan makan dengan porsi yang banyak dan cepat. Untuk satu porsi makanan, setidaknya Anda membutuhkan waktu kira – kira 20 menit. Ada bebrapa bahaya yang mungkin Anda alami jika makan cepat – cepat seperti tersedak karena makanan belum dikunyah secara sempurna, pencernaan yang bekerja terlalu keras untuk melumatkan makanan karena makanan yang masuk belum dilumatkan sampai halus di mulut, hingga semakin menambah jumlah kalori yang Anda konsumsi, karena tubuh merasa belum kenyang di saat makan dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang cepat. Oleh karena itu, ganti kebiasaan ini dengan mengunyah makanan hingga 20 sampai 30 kali hingga makanan padat menjadi lebih lembut dan kemudian di telan. Setelah semua makanan di mulut tertelan, barulah Anda dapat menyiapkan suapan berikutnya.

 

cara berpuasa yang menyehatkan

5. Segera berbuka saat waktunya tiba

“Berbukalah dengan yang manis.” Sering sekali Anda mendengar anjuran ini, tapi memang benar adanya. Berbuka dengan makanan yag manis alami seperti buah kurma atau buah – buahan yang kaya serat membuat tubuh Anda lebih cepat untuk memperoleh energi dan cairan yang cukup. Hindari minuman yang terlalu dingin karena menyebabkan perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis dan menggantinya dengan minum air mineral hangat atau yang biasa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta dapat menyesuaikan dengan kondisi suhu tubuh.

Reviewed by dr. Ditta

Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.com

Facebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter