Sarapan Nutrisi Penting untuk Anak

Sarapan Nutrisi Penting untuk Anak

Sarapan Nutrisi Penting?

Dulu, mungkin Anda sudah mendengarnya dari orang tua Anda bahwa Sarapan adalah hidangan terpenting untuk mempersiapkan hari. Tapi sekarang merupakan saatnya bagi Anda yang mengatakannya kepada anak-anak Anda yang mengantuk, lelah, pemarah, yang bersikeras “Aku tidak lapar” ketika Anda mencoba untuk memberikan mereka sarapan di pagi hari.

Bahkan jika Anda makan pagi yang sehat setiap hari, akan sulit untuk membuat anak-anak bersemangat pada waktunya untuk sekolah, penitipan anak, atau sehari bermain. Tetapi penting untuk dicoba. Inilah cara membuat sarapan lebih menarik bagi semua orang.

 

Kenapa repot dengan sarapan?: Sarapan Nutrisi Penting

Sarapan adalah cara yang baik untuk memberi tubuh bahan bakar yang dibutuhkan. Anak-anak yang makan sarapan cenderung makan sehat secara keseluruhan dan lebih cenderung untuk berpartisipasi dalam kegiatan fisik – dua cara bagus untuk membantu menjaga berat badan yang sehat. Melewatkan sarapan dapat membuat anak merasa lelah, gelisah, atau mudah tersinggung. Di pagi hari, tubuh mereka perlu mengisi bahan bakar untuk hari berikutnya setelah pergi tanpa makanan selama 8 hingga 12 jam saat tidur. Suasana hati dan energi mereka dapat turun pada tengah hari jika mereka tidak makan setidaknya makan pagi dalam porsi yang kecil.

Sarapan juga dapat membantu menjaga berat badan anak-anak tetap terkendali. Sarapan dimulai metabolisme tubuh, proses di mana tubuh mengubah bahan bakar dalam makanan menjadi energi. Dan ketika metabolisme mulai bergerak, tubuh mulai membakar kalori. Juga, orang-orang yang tidak sarapan sering mengkonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari dan lebih cenderung kelebihan berat badan. Itu karena seseorang yang melewatkan sarapan kemungkinan akan kelaparan sebelum makan siang dan mengudap makanan berkalori tinggi atau makan berlebihan saat makan siang.

 

Sarapan memberi nutrisi ke : Sarapan Nutrisi Penting

Penting bagi anak-anak untuk sarapan setiap hari, tetapi apa yang mereka makan di pagi hari juga penting. Memilih makanan sarapan yang kaya akan biji-bijian, serat, dan protein, sedangkan tambahan gula rendah dapat meningkatkan rentang perhatian, konsentrasi, dan memori anak-anak – yang perlu mereka pelajari di sekolah. Anak-anak yang makan sarapan lebih cenderung mendapatkan serat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Mereka juga cenderung menjaga berat badan mereka di bawah kendali, memiliki kadar kolesterol darah yang lebih rendah dan lebih sedikit absen dari sekolah, dan melakukan lebih sedikit perjalanan ke perawat sekolah dengan keluhan perut terkait dengan kelaparan.

 

Membuat Sarapan : Sarapan Nutrisi Penting

Akan lebih baik untuk menyajikan wafel gandum, buah segar, dan susu rendah lemak setiap pagi. Tetapi mungkin sulit untuk membuat sarapan sehat terjadi ketika Anda sedang terburu-buru untuk menyiapkan diri dan anak-anak di pagi hari dan menyulap kekacauan umum rumah tangga.

Jadi cobalah saran praktis ini untuk memastikan bahwa – bahkan dalam ketergesaan – anak-anak Anda mendapatkan sarapan yang baik sebelum mereka keluar dari pintu:

  • isi dapur Anda dengan pilihan sarapan sehat
  • persiapkan sebanyak mungkin malam sebelumnya (siapkan piring dan peralatan, potong buah, dll.)
  • bangunkan semua orang 10 menit lebih awal
  • biarkan anak-anak membantu merencanakan dan menyiapkan sarapan
  • memiliki alternatif ambil-dan-pergi (buah segar; kotak atau baggies gandum utuh, sereal rendah gula; yogurt atau smoothie; campuran jalan) pada hari-hari ketika ada sedikit atau tidak ada waktu untuk makan

Jika anak-anak tidak lapar di pagi hari, pastikan untuk menyiapkan sarapan agar mereka bisa makan sedikit kemudian di bus atau di antara kelas. Buah segar, sereal, kacang-kacangan, atau setengah selai kacang dan roti isi pisang bergizi, mudah dibuat, dan mudah dibawa anak-anak.

Anda juga mungkin ingin memeriksa sarapan yang tersedia di sekolah atau tempat penitipan anak. Beberapa menawarkan sarapan dan menyediakannya secara gratis atau dengan potongan harga untuk keluarga dengan pendapatan terbatas. Jika anak-anak Anda makan sarapan di luar rumah, bicarakan dengan mereka tentang bagaimana membuat pilihan yang sehat.

Apa yang tidak disajikan untuk sarapan juga penting. Tentu, kue-kue pemanggang roti dan beberapa bar sarapan portabel, mudah, dan menarik bagi anak-anak. Tetapi banyak yang tidak memiliki nilai gizi lebih daripada permen dan tinggi gula dan kalori. Bacalah label nutrisi dengan hati-hati sebelum Anda melemparkan bilah sarapan dan kue-kue ke dalam keranjang belanja Anda.

 

Kebiasaan untuk sarapan: Sarapan Nutrisi Penting

Makan pagi tidak harus semua tentang barang sarapan tradisional. Anda dapat mencampurnya untuk memasukkan makanan yang berbeda, bahkan sisa makanan dari makan malam tadi, dan masih memberikan nutrisi dan energi yang dibutuhkan anak-anak untuk hari itu.

Cobalah untuk menyajikan sarapan seimbang yang mencakup beberapa karbohidrat, protein, dan serat. Karbohidrat adalah sumber energi langsung yang baik bagi tubuh. Energi dari protein cenderung meningkat setelah karbohidrat habis. Serat membantu memberikan perasaan kenyang dan, karenanya, mencegah makan berlebihan. Dan ketika dikombinasikan dengan minuman sehat, serat membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan, mencegah sembelit dan menurunkan kolesterol.

Dan jangan lupa betapa pentingnya teladan baik Anda. Biarkan anak-anak Anda melihat Anda meluangkan waktu untuk menikmati sarapan setiap hari. Bahkan jika Anda hanya mengonsumsi roti gandum dan pisang dengan segelas jus atau susu, Anda menunjukkan betapa pentingnya menghadapi hari hanya setelah mengisi ulang otak dan tubuh Anda dengan makan pagi yang sehat.

Baca Juga: Menemukan Mengembangkan Bakat Tersembunyi Anak

 

Telah direview oleh: dr. Lettisia Amanda

Source: https://kidshealth.org/en/parents/breakfast.html