Cara Membuat Anak Rajin Semasa SD

Cara Membuat Anak Rajin Semasa SD

 

1. Ajarkan Keterampilan Belajar: Cara Membuat Anak Rajin

Belajar untuk menghadapi ujian dapat menjadi hal yang menakutkan bagi anak-anak dan banyak pendidik menganggap orang tua akan membantu anak-anak mereka. Memperkenalkan anak Anda untuk belajar keterampilan sekarang akan menghasilkan kebiasaan belajar yang baik sepanjang hidup.

Di sekolah dasar, anak-anak akan menghadapi berbagai tes seperti matematika, bahasa, sains, dan studi sosial. Pastikan untuk mengetahui kapan tes dijadwalkan sehingga Anda dapat membantu anak Anda mempersiapkan diri untuk belajar lebih awal daripada belajar dengan “sistem kebut semalam.” Anda juga mungkin perlu mengingatkan anak Anda untuk membawa pulang bahan pelajaran yang tepat, seperti catatan, panduan belajar, atau buku.

Ajari anak Anda cara membagi tugas-tugas secara keseluruhan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sehingga persiapan untuk ujian tidak terasa berat. Ingatlah untuk mengambil istirahat setelah masa belajar 45 menit adalah cara penting untuk membantu anak-anak memproses dan mengingat informasi. Secara umum, jika belajar dan ujian menjadi sumber stres bagi anak Anda, diskusikan situasinya dengan guru atau penasihat di sekolah.

 

2. Kunjungi Sekolah dan Situs websitenya: Cara Membuat Anak Rajin

Mengetahui tata letak fisik gedung sekolah dan lahannya dapat membantu Anda terhubung dengan anak Anda ketika berbicara tentang hari sekolah. Ada baiknya untuk mengetahui lokasi kantor utama, perawat sekolah, kafetaria, gym, lapangan atletik, taman bermain, auditorium, dan kelas khusus.

Di situs web sekolah, Anda dapat menemukan informasi tentang:

  • kalender sekolah
  • informasi kontak staf
  • acara mendatang seperti perjalanan kelas
  • tanggal ujian

Beberapa sekolah memiliki situs web mereka sendiri yang merinci tugas pekerjaan rumah, tanggal ujian, dan acara atau perjalanan kelas.

 

3. Mendukung Pengerjaan PR (Pekerjaan Rumah): Cara Membuat Anak Rajin

Pekerjaan rumah di sekolah dasar memperkuat dan memperluas pembelajaran di kelas dan membantu anak-anak melatih keterampilan belajar yang penting. Ini juga membantu mereka mengembangkan rasa tanggung jawab dan etos kerja yang akan bermanfaat bagi mereka di luar kelas. Selain memastikan anak Anda tahu bahwa Anda melihat pekerjaan rumah sebagai prioritas, Anda dapat membantu dengan menciptakan lingkungan belajar yang efektif seperti ruang studi dengan penerangan yang baik, nyaman, dan tidak berisik disertai perlengkapan yang diperlukan. Menghindari gangguan (seperti TV di latar belakang) dan mengatur waktu mulai dan berakhir juga dapat membantu.

Aturan praktis yang baik untuk pekerjaan rumah dan / atau masa belajar yang efektif adalah sekitar 10 menit per tingkat kelas dasar. Siswa kelas empat, misalnya, harus memiliki sekitar 40 menit untuk pekerjaan rumah atau belajar setiap malam sekolah. Jika Anda merasa perlu waktu lebih lama dari panduan ini, bicarakan dengan guru anak Anda. Sementara anak Anda mengerjakan pekerjaan rumah, bersiaplah untuk menginterpretasikan instruksi, menawarkan panduan, menjawab pertanyaan, dan meninjau pekerjaan yang telah diselesaikan. Tahan keinginan untuk memberikan jawaban yang benar atau menyelesaikan tugas anak. Belajar dari kesalahan adalah bagian dari proses dan Anda tidak ingin mengambil ini dari anak Anda.

 

4. Persiapkan anak Anda sebelum pergi ke sekolah: Cara Membuat Anak Rajin

Sarapan bergizi dapat menyemangati anak-anak dan membuat mereka siap untuk menghadapi hari. Secara umum, anak-anak yang makan sarapan memiliki lebih banyak energi dan berbuat lebih baik di sekolah. Anda dapat membantu meningkatkan perhatian, konsentrasi, dan memori anak Anda dengan menyediakan makanan sarapan yang kaya akan biji-bijian, serat, dan protein, serta rendah gula tambahan. Jika anak Anda terlambat untuk bangun pagi, Anda dapat menyiapkan buah segar, kacang, yogurt, atau setengah selai kacang dan sandwich pisang. Beberapa sekolah juga menyediakan pilihan sarapan bergizi sebelum bel masuk.

Anak-anak juga membutuhkan jumlah tidur yang tepat untuk waspada dan siap untuk belajar sepanjang hari. Sebagian besar anak usia sekolah membutuhkan 10 hingga 12 jam waktu tidur malam. Kesulitan waktu tidur dapat timbul pada usia ini karena berbagai alasan. Pekerjaan rumah, olahraga, kegiatan setelah sekolah, TV, komputer, dan permainan video, serta jadwal keluarga yang sibuk, dapat menyebabkan anak-anak tidak cukup tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan perilaku mudah tersinggung atau hiperaktif dan mungkin menyulitkan anak-anak untuk memperhatikan di kelas. Sangat penting untuk memiliki rutinitas tidur yang konsisten, terutama pada malam sekolah. Pastikan untuk menyisakan cukup waktu sebelum tidur untuk memungkinkan anak Anda bersantai sebelum lampu padam dan membatasi pengalihan stimulasi seperti TV, video game, dan akses Internet.

 

5. Luangkan Waktu untuk Berbicara Tentang Sekolah: Cara Membuat Anak Rajin

Pada umumnya mudah untuk berbicara dengan siswa sekolah dasar tentang apa yang terjadi di kelas dan berita terbaru di sekolah. Anda mungkin tahu buku apa yang dibaca anak Anda dan terbiasa dengan matematika yang sedang dikerjakan. Namun orang tua dapat sibuk dan lupa untuk mengajukan pertanyaan sederhana yang dapat berdampak pada keberhasilan anak-anak di sekolah. Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak Anda setiap hari, sehingga ia tahu bahwa apa yang terjadi di sekolah penting bagi Anda. Ketika anak-anak tahu orang tua tertarik dengan kehidupan akademik mereka, mereka juga akan menganggap sekolah merupakan hal yang serius.

Oleh karena komunikasi adalah dua arah, cara Anda berbicara dan mendengarkan anak Anda dapat memengaruhi seberapa baik anak Anda dalam mendengarkan dan merespons. Penting untuk mendengarkan dengan cermat, melakukan kontak mata, dan menghindari multitasking saat Anda berbicara. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan yang melampaui jawaban “ya” atau “tidak”. Selain saat makan bersama keluarga, saat-saat yang menyenangkan untuk berbicara termasuk perjalanan dengan mobil, mengajak anjing jalan-jalan, menyiapkan makanan, atau saat mengantre di toko. Tahun-tahun awal sekolah ini adalah waktu yang penting bagi orang tua untuk mendapatkan informasi, mendukung tentang pendidikan anak mereka, dan untuk mengatur awal bagi anak-anak tumbuh dan berkembang sebagai pelajar muda.

 

Reviewed by: dr. Lettisia Amanda Ruslan

Source: https://kidshealth.org/en/parents/school-help-elementary.html