Beberapa Tanda Tubuh Tidak Sehat yang Mungkin Anda Abaikan

Beberapa Tanda Tubuh Tidak Sehat yang Mungkin Anda Abaikan

Tahukah anda bahwa tubuh memberikan tanda pada saat tidak sehat? Sayangnya, seringkali kita tidak menggubris dan mengabaikan hal ini, bahkan kebanyakan dari kita hanya akan tergerak untuk mencari pengobatan dan termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat jika sudah terdiagnosis terkena penyakit yang bisa mengancam keselamatan jiwa. Jadi, bagaimana cara untuk mengetahui tanda – tanda tubuh kita tidak sehat? Berikut adalah hal – hal yang sebaiknya anda perhatikan.

Tidur anda terganggu.

Hormon kortisol merupakan salah satu hormon stres yang akan turun kadarnya pada malam hari disaat tubuh tengah beristirahat. Tubuh kita akan memanfaatkan waktu ini untuk proses regenerasi. Meningkatnya hormon kortisol pada malam hari akibat respon stres atau yang lebih dikenal dengan istilah respon fight – or flight  di dalam tubuh merupakan penyebab utama anda menjadi sulit tidur. Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan gerhadap penyakit karena mengganggu mekanisme proses regenerasi dalam tubuh.

Tinggi tubuh anda berkurang

Apakah anda pernah mengukur tinggi tubuh anda dan ternyata hasilnya tinggi anda berkurang dari yang sebelumnya? Mengapa itu bisa terjadi? Hal tersebut paling sering terjadi karena anda mengalami proses degeneratif yang disebut osteoporosis. Osteoporosis sendiri tidak selalu disebabkan oleh penuaan bila anda rajin menjaga postur tubuh. Akan tetapi, osteoporosis dapat menyebabkan badan bungkuk bahkan patah tulang jika anda tidak memperhatikan kondisi tulang anda. Cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah memperkuat tulang anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung cukup kalsium, serta rajin berolahraga di bawah sinar matahari pagi..

Kegemukan

Ada dua jenis kategori bentuk tubuh orang gemuk, yakni bentuk apel dan bentuk pir. Perbedaan kedua kategori tersebut adalah tubuh orang gemuk yang dengan bentuk apel memiliki kelebihan lemak yang terisi di sekitar perut dan pinggang, sedangkan pada bentuk pir kelebihan lemak terdapat di sekitar pinggul dan paha. Meski kegemukan adalah cerminan dari pola makan yang tidak baik, penelitian menyebutkan bahwa bentuk tubuh apel akan lebih berisiko terkena penyakit jantung dibandingkan bentuk tubuh pir. Namun, anda yang mengalami kegemukan tubuh tak perlu menjauhi makanan yang anda suka, anda cukup mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat sesuai dengan pola gizi seimbang.

Kegemukan

Selalu merasa lelah

Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan tubuh anda menjadi mudah lelah. Beberapa contoh di antaranya adalah gangguan kelenjar tiroid, gangguan kelenjar adrenal, atau karena tubuh anda bekerja dengan sangat keras untuk membuang zat – zat toksin yang ada di dalam tubuh seperti makanan yang tidak menyehatkan, rokok, alkohol, ataupun polusi di sekitar anda. Lebih buruk lagi, kondisi tubuh anda dapat menurun dengan sangat drastis karena sedang melakukan proteksi dari infeksi kronis, kanker, dan berbagai penyakit serius lainnya. Jadi, jangan sampai anda mengabaikan rasa lelah karena memperhatikan rasa lelah pada tubuh bisa jadi dapat membantu keselamatan hidup anda.

Urin berwarna kuning keruh

Hidrasi/minum merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Urin yang berwarna jernih menandakan bahwa anda terhidrasi dengan baik. Jika anda jarang berpergian, tinggal di daerah dengan iklim panas, termasuk orang yang sangat aktif, dan urin anda berwarna kuning keruh/gelap, sebaiknya anda mengonsumsi air dengan jumlah yang lebih banyak agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah mengurangi konsumsi minuman berkafein dan alkohol karena minuman tersebut tidak menghidrasi, membuat anda menjadi sering buang air kecil dan dapat mengakibatkan dehidrasi. Namun, anda juga tidak disarankan mengonsumsi air dengan sangat berlebihan karena hal tersebut bisa menyebabkan tubuh mengalami keracunan air, hiponatremia, bahkan yang terburuk bisa mengancam keselamatan hidup anda.

Mendengkur

Sleep apnea merupakan gangguan tidur yang diakibatkan oleh obstruksi pada saluran pernapasan yang mampu meningkatkan risiko hipertensi paru dan gagal jantung. Tidak main-main, gangguan ini bahkan bisa menyebabkan kematian pada saat tidur. Salah satu faktor penyebab gangguan ini adalah kegemukan, sedangkan mendengkur mungkin merupakan satu-satunya gejala awal gangguan mematikan tersebut. Jadi, pastikan anda melakukan konsultasi pada dokter jika ada orang-orang tersayang di sekitar anda yang mendengkur.

Sering merasa cemas

Mungkin kebanyakan dari anda berpikir bahwa rasa cemas hanya ada dalam pikiran saja. Namun yang anda perlu ketahui adalah, perasaan cemas dalam pikiran tersebut selanjutnya akan diterjemahkan tubuh sebagai rasa sakit dan faktanya, kecemasan merupakan salah satu faktor risiko untuk penyakit jantung. Kecemasan tak hanya disebabkan oleh banyaknya masalah yang dihadapi dan perasaan dalam pikiran saja, terkadang kecemasan juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seks, hipertiroidisme, tumor adrenal, dan berbagai penyebab lainnya. Jadi, apabila anda merasa memiliki banyak masalah dan kecemasan pada diri anda, janganlah ragu untuk berkonsultasi pada psikolog atau psikiater. Atau ketika anda merasakan kecemasan tak beralasan, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis obstetri ginekologi (bagi wanita) atau dokter spesialis andrologi (bagi pria) untuk memeriksa kadar hormon anda.

Sulit buang air besar

Saat anda mengonsumsi makanan atau minuman, maka tubuh anda akan menyerap zat nutrisi dan mengeliminasi zat-zat beracun. Nah, jika anda mengalami kesulitan saat buang air besar, racun pun menjadi terlambat dibuang oleh tubuh, berpotensi ikut terserap oleh lapisan usus, masuk ke aliran darah, dan akan menyebabkan peradangan. Pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab utama sulitnya buang air besar. Namun, jika pola makan bukanlah penyebab anda sulit buang air besar, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter.

Sakit perut

Kulit sering bermasalah

Kulit merupakan salah satu organ terbesar yang berfungsi untuk mengeliminasi zat toksin. Jika kulit anda mengalami masalah, hal tersebut bisa jadi merupakan alarm bahwa tubuh anda sedang tidak berfungsi dengan baik. Kulit anda memiliki kemampuan untuk memberi sinyal bahwa makanan yang anda konsumsi tidak baik atau anda memiliki alergi. Selanjutnya, kulit juga mampu memberi tanda bahwa anda mengalami gangguan gangguan sistem saraf dan penyakit lainnya. Sebagai contoh, rasa gatal yang dialami tubuh anda bisa dikarenakan oleh eksim atau suatu bentuk alergi. Namun, rasa gatal yang berlebih pada tubuh bisa jadi menandakan anda tengah terserang oleh penyakit lain seperti gangguan fungsi hati maupun diabetes.

Sering sakit pilek atau flu

Fakta bahwa virus dan bakteri ada di sekeliling kita memang tidak bisa dipungkiri, namun tubuh yang sehat mampu melakukan perlawanan dan menghindarkan kita dari penyakit. Sistem imunitas anda bisa dikatakan tidak berfungsi dengan optimal jika anda seringkali bahkan selalu tertular penyakit flu dari orang-orang sekitar anda. Sebaiknya anda selalu menjaga daya tahan tubuh dan tidak lupa untuk melakukan vaksinasi flu setiap tahun.

Pilek

Jadi apakah anda termasuk orang yang mengalami tanda – tanda tubuh tidak sehat seperti yang sudah tertulis di atas dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kesehatan anda? Jika jawabannya iya, maka anda bisa segera menghubungi kami untuk mendapatkan solusi terbaik dalam pemeriksaan status kesehatan anda.