10 Kebiasaan Buruk yang dapat Menggangu Kesehatan Anda

10 Kebiasaan Buruk yang dapat Menggangu Kesehatan Anda

Sahabat Healthcare, sadar atau tidak, ada beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan tanpa sadar, bahkan dilakukan secara berulang – ulang hingga menjadikannya sebagai rutinitas sehari hari. Padahal, mengulanginya secara terus menerus akan memberikan dampat negatif hingga mengganggu kesehatan Anda.

Berikut, 10 kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan Anda:

kebiasaan buruk

  1. Tidur dalam keadaan terang

Walaupun sudah beraktivitas seharian, terkadang Anda masih merasa kesulitan untuk tidur yang kemudian menghidupkan televisi untuk memberikan rasa ngantuk pada mata Anda dan tidur dalam keadaan televisi menyala. Ataupun, ketika Anda merasa ketakutan tidur dalam keadaan gelap gulita membuat semua lampu pada kamar tidur dalam keadaan hidup dan situasi yang terang benderang. Kebiasaan buruk seperti diatas akan mengganggu kualitas tidur Anda. Penilitian membuktikan bahwa tidur dengan keadaan lampu menyala akan menurunkan kadar melatonin, mempengaruhi suhu tubuh, kadar glukosa dan tekanan darah. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat keadaan kamar tidur dalam keadaan gelap sebelum anda terlelap.

kebiasaan buruk

  1. Begadang

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. lantunan lirik lagu dari penyanyi kondang Rhoma Irama ini ada benarnya. Walaupun Anda memiliki seribu satu alasan untuk begadang, kebiasaan buruk ini akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan kurang fit di hari berikutnya.

kebiasaan buruk

  1. Telat makan

Menunda waktu makan akan menyebabkan asam lambung Anda naik serta dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Ketika telat makan, Anda akan merasa lebih lapar di waktu setelahnya yang mengakibatkan porsi makan bertambah. Kadar asam lambung yang meningkat secara terus menerus juga akan merusak kondisi dinding lambung. Selain itu, telat makan (baca: kebiasaan buruk) akan membuat tubuh Anda kekurangan gizi yang akan dicerna untuk menjadi energi, sehingga akan membuat Anda sulit untuk fokus disaat beraktivitas.

kebiasaan buruk

  1. Kecanduan media sosial

Di jaman sekarang yang serba digital membantu Anda untuk menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat. Terutama, untuk urusan media sosial, setiap postingan terakhir atau pesan dari teman, sahabat, atau idola kita sangat cepat untuk Anda dapatkan. Akan tetapi, seringnya mengecek ponsel akan mempengaruhi aktivitas fisik dan kesehatan mental Anda seperti membuat anda menjadi anti sosial secara nyata terhadap orang – orang disekitar.

kebiasaan buruk

  1. Terlalu lama duduk

Seperti artikel sebelumnya, aktivitas duduk dalam waktu yang lama dan secara terus menerus menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes hingga penyakit serangan jantung. Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan pekerja kantoran yang terbiasa untuk duduk selama 8 jam, cobalah untuk berjalan ataupun stretching beberapa menit sekali untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.

kebiasaan buruk

  1. Kurang tidur

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik dan sama juga halnya dengan sesuatu yang kurang. Kurangnya istirahat / tidur dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, peradangan dalam tubuh, penyakit jantung, depresi, diabetes obesitas hingga mengurangnya fungsi otak. Sebagai solusi mengatasi kebiasaan buruk ini, Anda dapat menjadwalkan waktu tidur secara teratur dan melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidue serta memastikan area tidur dalam keadaan yang bersih dan nyaman.

kebiasaan buruk

  1. Menggigit kuku

Rasa grogi ataupun bingung akan membuat beberapa orang untuk menggigiti kuku jari tangan. Bakteri dan kotoran yang terdapat di bawah kuku akan membuat Anda rentan terinfeksi penyakit. Kebiasaan buruk ini akan mengganggu pertumbuhan kuku normal dan menyebabkan kerusakan pada lapisan luar gigi. Tidak hanya dari sisi kesehatan saja yang tidak baik, menggigit kuku juga merupakan hal yang tidak baik dipandang mata. Untuk mengatasinya, potonglah kuku setiap sekali seminggu atau 2 kali seminggu, sehingga kuku tetap dalam keadaan pendek.

kebiasaan buruk

  1. Mendengarkan musik keras – keras

Umumnya di saat merasa bosan, Anda akan tergiur untuk menggunakan headphone untuk mendengarkan lagu kesukaan. Akan tetapi mengaturnya dengan volume penuh akan menyebabkan kerusakan pendengaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik genre pop-rock melalui headphone selama 60 menit dengan volume 50 -100 persen akan menyebabkan kerusakan pendengaran temporer. Jika keseringan, kebiasaan buruk ini akan menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen.

kebiasaan buruk

  1. Menggendong tas berat

Bagi anak – anak sekolah menggendong tas yang berisi banyak buku dengan beban yang berat setiap hari akan menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Penyakit lordosis, kifosis ataupun skoliosis dapat dirasakan pada saat menjelang dewasa. Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan buku di loker sekolah atau membawa tas beroda.

kebiasaan buruk

  1. Tidur tanpa membasuh wajah

Sebelum tidur, akan sangat baik jika Anda membersihkan anggota tubuh, terutama bagian wajah. Kotoran ataupun sisa make up pada wajah akan menyebabkan pori – pori tersumbat, sehingga dapat membuat wajah Anda berjerawat. Tidak mau kan hal ini terjadi. Sahabat healthcare, oleh karena itu segera ganti kebiasaan buruk anda dengan kebiasaan yang lebih membangun dan bermanfaat tentunya.

 

Doctor Approval: dr. Ditta

 
Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.com

Facebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter