Tips untuk Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Tips untuk Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Tips untuk kesehatan jantung akan dibahas secara lebih sederhana pada artikel ini.

Jantung merupakan organ yang bekerja keras tanpa henti sepanjang hidup. Membuat perubahan kecil dalam kebiasaan dapat membuat perbedaan nyata pada kesehatan jantung Anda. “Ini seperti menemukan mata air awet muda,” kata Donald Lloyd-Jones, MD, dari Sekolah Kedokteran Feinberg di Northwestern University. “Orang-orang yang mengikuti langkah-langkah ini tidak hanya hidup lebih lama, tetapi mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu sehat, tanpa penyakit kardiovaskular.” Berikut adalah beberapa tips kesehatan jantung:

  1. Tidur yang Cukup

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa muda dan menengah yang tidur 7 jam semalam memiliki lebih sedikit kalsium dalam arteri mereka (tanda awal penyakit jantung) dibandingkan mereka yang tidur 5 jam atau kurang atau mereka yang tidur 9 jam atau lebih. Oleh karena itu tidurlah dengan waktu yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Orang dewasa yang mendapat tidur berkualitas baik juga memiliki arteri yang lebih sehat daripada mereka yang tidak tidur nyenyak. Jika Anda sulit tidur atau terjaga di malam hari, atau jika Anda tidak merasa segar setelah tidur malam di tempat tidur, konsultasikan dengan dokter tentang perubahan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan dengan waktu yang cukup.

 

  1. Jauhkan rasa stress.

Manset tensimeter yang meremas lengan Anda di setiap kunjungan dokter merupakan hal penting dalam mengukur jumlah tekanan yang mengalir melalui arteri dengan setiap detak jantung. Jika tekanan darah Anda terlalu tinggi, dorongan atau kekuatan ekstra dapat merusak dinding arteri dan menciptakan jaringan parut. Hal itu dapat membuat darah dan oksigen lebih sulit untuk masuk dan keluar dari jantung. Terlebih lagi, jantung harus memompa lebih keras dan cepat aus. Jika tidak mendapat cukup oksigen, bagian-bagian organ tubuh bisa mulai rusak. Periksa tekanan darah Anda setiap 3-5 tahun jika Anda berusia 18-39 tahun. Jika Anda berusia 40 tahun atau lebih, atau jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, periksa setiap tahun. Kurangi garam, batasi alkohol hingga tidak lebih dari satu hingga dua gelas sehari, pilih kebiasaan makan yang sehat (pikirkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak) kelola stres Anda. Perubahan ini cukup sering untuk mengembalikan tekanan darah Anda ke kisaran normal. Jika tidak, dokter mungkin menyarankan Anda juga minum obat.

 

  1. Kurangi lemak jenuh.

Untuk membantu kerja arteri jantung Anda, kurangi lemak jenuh yang terutama ditemukan dalam daging dan produk susu penuh lemak. Pilih potongan yang lebih ramping dan pilihan rendah lemak. Juga, berhenti mengonsumsi lemak trans, yang ditemukan di beberapa makanan olahan. Mereka menaikkan tingkat kolesterol “jahat” (LDL) Anda. Periksa daftar bahan untuk apa pun yang mengatakan “terhidrogenasi” atau “sebagian terhidrogenasi” – yaitu lemak trans.

 

  1. Cari tahu apakah Anda menderita diabetes.

Jutaan orang tidak tahu bahwa mereka memiliki kondisi ini. Hal ini sangat berisiko karena seiring waktu, gula darah tinggi merusak arteri dan membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi. Dokter Anda harus menguji gula darah Anda jika Anda berusia 45 atau lebih tua, jika Anda hamil, atau jika Anda kelebihan berat badan dan memiliki faktor risiko lain untuk diabetes. Jika mengetahui bahwa Anda menderita diabetes, konsultasikan dengan dokter mengenai gaya hidup Anda (diet dan olahraga) dan obat-obatan yang mungkin Anda perlukan. Jika Anda memiliki batas gula darah tinggi, juga disebut pradiabetes, ambil tindakan sekarang untuk memperbaiki kondisi tubuh Anda. Satu pertukaran sederhana adalah dengan mengolah karbohidrat olahan (seperti nasi putih) untuk gandum utuh yang kaya serat (seperti beras merah). Setiap perubahan positif yang Anda buat dalam apa yang Anda makan dan seberapa aktif Anda akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Seiring waktu, Anda akan dapat melakukan lebih banyak.

 

  1. Bergerak lebih banyak

Anda dapat melakukan latihan selama 30 menit sehari, 5 hari seminggu dengan olahraga sedang. Itu termasuk aktivitas apa pun yang membuat Anda bergerak dan sedikit berkeringat. “Jika Anda tidak melakukan apa pun, lakukan sesuatu. Dan jika Anda melakukan sesuatu, lakukan lebih banyak, “kata Lloyd-Jones. Juga, perhatikan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk duduk, entah itu di tempat kerja, di mobil Anda, atau di sofa Anda di rumah dan kurangi hal tersebut. “Kami sekarang tahu bahwa bahkan jika Anda berolahraga selama 30 menit sehari, menjadi tidak aktif selama 23 1/2 jam lainnya benar-benar buruk bagi jantung Anda,” kata Monika Sanghavi, MD, asisten profesor kardiologi di University of Texas Southwestern Medical.

Sahabat healthcare, demikianlah tips untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

 

Reviewed by dr. Ditta

Source: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/prevention-15/heart-healthy/12-tips-for-better-heart-health?page=2