Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Sahabat healthcare, ada banyak manfaat buah kurma yang baik untuk kesehatan.  Buah kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan buah dari pohon kurma yang berasar dari tanah sekitar teluk Persia. Buahnya memiliki bentuk yang lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm dan berdiameter 2-3 cm. Berdasarkan International Journal Food Science Nutrition, terdapat banyak mineral yang terkandung di dalam kurma seperti potasium (kalium) dan magnesium, boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium dan seng.

Protein yang terdapat pada kurma juga mengandung 23 tipe asam amino seperti asam palmotoleat, oleat dan linoleat. Terdapat juga vitamin C, vitamin B kompleks dann senyawa antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein dan zea-xanthin.

Banyaknya kandungan zat – zat yang terdapat pada kurma yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berikut penjelasannya;

manfaat buah kurma

  1. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan zat besi dan magnesium dan kalium yang ada di dalam kurma bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menstabilkan denyut jantung mengaktifkan kontraksi otot – otot jantung, mengatur desakan darah dan juga memelihara serta meingkatkan kesehatan jantung.

manfaat buah kurma

  1. Memperbaiki sel kulit rusak

Karena kandungan asam panthothenic yang termasuk dalam kelompok vitamin B, buah kurma memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan asam ini sangat baik bagi Anda yang ingin memellihara dan menjaga kecantikan kulit. Kandungan vitamin C nya juga akan membuat kulit terasa lebih kenyal dan bersinar.

manfaat buah kurma

  1. Sumber Energi

Selanjutnya, manfaat buah kurma yang ketiga adalah; anjuran untuk mengonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa memang benar adanya. Kandungan gula alami di dalamnya seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa dapat diserap oleh tubuh dan diolah menjadi sumber energi. Sehingga yang tadinya Anda merasa lelah dan lemas kembali bertenaga setelah mengonsumsi kurma. Selain itu kandungan mineral pada kurma yang sangat tinggi seperti zat besi dapat dijadikan sebagai suplemen bagi penderita anemia. Sehingga dapat mengisi kekurangan zat besi dan meningkatkan energi dan tenaga di saat bersamaan.

manfaat buah kurma width=

  1. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kandungan potassium yang ada dalam buah kurma memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan sistem saraf sehingga tetap responsif, dan siaga dengan aktivitas otak. Sehingga dnegan mengonsumsi rutin buah kurma dapat menghindarkan Anda dari resiko penyakit stroke. Bagi orang – orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran dan juga bagi para lansia, kurma akan menjadi sumber makanan yang baik untuk dipilih dan dikonsumsi.

manfaat buah kurma

  1. Mencegah Insomnia

Manfaat buah kurma yang kelima adalah; pada saat berpuasa, akan sangat disarankan untuk tidak tidur hingga larut malam karena dapat membuat Anda melewatkan waktu sahur. Jika Anda mengalami gangguan susah tidur atau yang dikenal dengan sebutan insomnia, maka kurma dapat Anda konsumsi satu jam sebelum tidur karena kandungan gizi vitamin B3 di dalamnya yang dapat mengatasi insomnia

manfaat buah kurma width=

  1. Menambah berat badan

Bagi Anda yang merasa belum mencapai berat badan ideal dan ingin menambah berat badan, buah kurma dapat Anda masukkan sebagai bagian dari daftar makanan sehat Anda. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori yang cukup unruk memenuhi kebutuhan kalori sehari – hari tubuh manusia. Tentunya bukan berarti hanya kurma yang menjadi menu makanan Anda dalam satu hari tersebut.

manfaat buah kurma width=

  1. Sebagai anti inflamasi / peradangan

Manfaat buah kurma yang ketujuh adalah; di dalam buah kurma terdapat senyawa antioksidan dan magnesium yang bermanfaat sebagai anti peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan magnesium berkaitan dengan penurunan indikator – indikator peradangan dan peradangan di dinding arteri.

Reviewed by dr. Ditta
Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.comFacebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter