Tanda Bahwa SkinCare Yang Digunakan Tidak Bekerja Dengan Baik

Tanda Bahwa SkinCare Yang Digunakan Tidak Bekerja Dengan Baik

Apakah Anda merupakan seorang yang sangat peduli dengan kesehatan kulit? Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi Anda untuk mengaplikasikan skincare pada kulit setiap harinya. Namun, terkadang beberapa dari skincare yang baru saja dicoba ternyata tidak bekerja, bahkan memberikan efek samping yang buruk pada kulit. Lalu, bagaimana tanda-tandanya?

Ada rasa ketidaknyamanan (gatal, kemerahan, terbakar dan menyengat)

Meskipun mungkin pernah mendengar ungkapan “beauty is pain“, jika Anda mengalami nyeri bersamaan dengan tanda-tanda peradangan seperti kemerahan atau rasa menyengat – segera hentikan penggunaan produk. Meskipun ada bahan (umumnya ditemukan dalam perawatan jerawat) seperti benzoil peroksida yang dapat menyebabkan sedikit iritasi, kemerahan atau sensasi terbakar yang bertahan lebih dari beberapa hari merupakan indikasi bahwa Anda harus membuang produk. Masih belum yakin apakah produk ini mengiritasi kulit Anda? Cobalah mengencerkannya dengan pelembab. Jika Anda tetap mengalami iritasi dan ketidaknyamanan, sekarang saatnya untuk menyingkirkan produk perawatan kulit tersebut.

Menimbulkan banyak komedo

Anda mungkin mengalami flare up ketika memulai produk perawatan kulit baru karena kulit membutuhkan waktu (dua hingga tiga minggu) untuk beradaptasi dengan produk baru. Akan tetapi ketika sedang menggunakan beberapa produk perawatan kulit tertentu namun timbul satu atau beberapa jerawat sekaligus, mungkin produk ini tidak tepat untuk digunakan. Sebagai saran cobalah mendapatkan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang tidak komedogenik atau memiliki formula berbasis air yang lebih ringan.

Sangat berminyak atau sangat kering

Kering: Jika Anda mengalami bercak kering atau munculnya serpihan-serpihan kulit kering, produk yang digunakan kemungkinan dibuat dengan bahan pengering seperti alcohol, atau kulit Anda memiliki reaksi alergi terhadap bahan tertentu.

Berminyak: Produk-produk pengontrol minyak yang terlalu kuat sebenarnya dapat menghilangkan minyak alami kulit dan justru menyebabkan kulit bereaksi dengan menghasilkan lebih banyak minyak.

Fotosensitifitas

Bahan-bahan seperti AHA dan benzoil peroksida yang biasa ditemukan dalam perawatan jerawat dapat memicu perubahan kimiawi yang diinduksi pada kulit yang membuatnya lebih sensitif terhadap matahari. Jika sensitivitasnya tidak dapat ditoleransi, gunakanlah produk ini hanya saat malam hari

 

Telah direview oleh: dr. Edwin Halim

Source:  6 signs that you are using the wrong skincare