Apa itu Pemeriksaan Fisik atau Physical Examination?

Apa itu Pemeriksaan Fisik atau Physical Examination?

Pemeriksaan fisik atau Physical Examination adalah tes rutin yang dilakukan oleh penyedia perawatan primer Anda atau Primary Care Provider(PCP) untuk memeriksa kesehatan Anda secara keseluruhan. PCP dapat berupa dokter, praktisi perawat, atau asisten dokter. Tes ini juga dikenal sebagai pemeriksaan kesehatan. Anda tidak harus dalam kondisi sakit untuk melakukan pemeriksaan ini. Pemeriksaan fisik dapat menjadi saat yang tepat untuk mengajukan semua pertanyaan kepada PCP tentang kesehatan Anda atau mendiskusikan segala perubahan atau masalah yang Anda alami. Ada beberapa tes yang dapat dilakukan selama pemeriksaan fisik berlangsung. Hal ini juga bergantung pada usia atau riwayat medis atau keluarga Anda, PCP juga dapat merekomendasikan pengujian tambahan.

 

Tujuan dari Ujian Pemeriksaan Fisik atau Physical Examination Tahunan

Pemeriksaan fisik membantu PCP Anda untuk menentukan status umum kesehatan Anda. Tes ini juga memberi Anda kesempatan untuk berbicara dengan mereka tentang rasa sakit atau gejala yang sedang Anda alami atau masalah kesehatan lain yang mungkin Anda miliki. Pemeriksaan fisik dianjurkan setidaknya setahun sekali, terutama pada orang di atas usia 50 tahun. Tes ini digunakan untuk:

  • Memeriksa kemungkinan penyakit, sehingga dapat diobati lebih awal
  • Mengidentifikasi masalah yang mungkin menjadi masalah medis di masa depan
  • Memperbarui imunisasi yang diperlukan
  • Memastikan bahwa Anda mempertahankan diet sehat dan rutin berolahraga
  • Membangun hubungan dengan PCP Anda

Pemeriksaan ini juga merupakan cara yang baik untuk memeriksa kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah. Level-level ini mungkin tinggi tanpa Anda pernah menunjukkan tanda atau gejala apa pun. Pemeriksaan secara teratur memungkinkan PCP Anda untuk merawat kondisi ini sebelum menjadi lebih parah.

PCP Anda juga dapat melakukan pemeriksaan fisik sebelum operasi atau sebelum memulai perawatan untuk kondisi medis Anda.

 

Cara Mempersiapkan Pemeriksaan fisik atau Physical Examination

Buat janji atau appointment terlebih dahulu dengan PCP pilihan Anda. Jika Anda memiliki PCP keluarga, mereka juga dapat memberi Anda pemeriksaan fisik. Jika Anda belum memiliki PCP, Anda dapat menghubungi asuransi kesehatan Anda untuk meminta daftar penyedia di wilayah Anda.

Anda harus mengumpulkan dokumen berikut sebelum pemeriksaan fisik Anda:

  • Daftar obat saat ini yang Anda gunakan, termasuk obat bebas dan suplemen herbal
  • Daftar gejala atau rasa sakit yang Anda alami
  • Hasil dari tes terbaru atau yang relevan
  • Riwayat medis dan bedah
  • Nama dan informasi kontak untuk dokter lain yang mungkin Anda temui baru-baru ini
  • Jika Anda memiliki perangkat implan seperti alat pacu jantung atau defibrillator, bawa salinan bagian depan dan belakang kartu perangkat Anda
  • Pertanyaan tambahan yang ingin Anda tanyakan

Anda dapat datang dengan mengenakan pakaian yang nyaman dan menghindari perhiasan, makeup, atau hal-hal lain yang berlebihan yang akan mencegah PCP Anda memeriksa tubuh Anda sepenuhnya.

 

Bagaimana Pemeriksaan Fisik atau Physical Examination Dilakukan?
  • Sebelum bertemu dengan PCP, seorang perawat akan menanyakan serangkaian pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda, termasuk alergi, operasi masa lalu, atau gejala yang mungkin Anda miliki. Mereka mungkin juga bertanya tentang gaya hidup Anda, termasuk apakah Anda berolahraga, merokok, atau minum alkohol.
  • PCP Anda biasanya akan memulai ujian dengan memeriksa tubuh Anda untuk tanda atau melihat sesuatu yang tidak biasa. Anda dapat duduk atau berdiri selama pemeriksaan ini dilakukan.
  • Selanjutnya, mereka mungkin meminta Anda berbaring dan akan memegang bagian perut dan bagian lain dari tubuh Anda. Saat melakukan ini, PCP Anda memeriksa konsistensi, lokasi, ukuran, kelembutan, dan tekstur organ individu Anda.
  • PCP Anda akan menggunakan stetoskop – alat pendengar – untuk mendengarkan berbagai bagian tubuh Anda. Ini bisa termasuk mendengarkan paru-paru Anda saat menarik napas dalam-dalam dan mendengarkan usus Anda.
  • PCP Anda juga akan menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung Anda untuk memastikan tidak ada suara abnormal. PCP Anda dapat mengevaluasi fungsi jantung dan katup Anda dan mendengar irama jantung Anda selama ujian.
  • PCP Anda juga akan menggunakan teknik yang dikenal sebagai “perkusi,” yang melibatkan mengetuk tubuh seperti drum. Teknik ini membantu PCP Anda menemukan cairan di area yang tidak seharusnya, serta menemukan perbatasan, konsistensi, dan ukuran organ.
  • PCP Anda juga akan memeriksa tinggi, berat, dan denyut nadi Anda (apakah terlalu lambat atau terlalu cepat).
  • Pastikan untuk berkomunikasi dengan PCP Anda jika Anda memiliki masalah selama pemeriksaan. Meskipun Anda selalu dapat menghubungi PCP Anda sesuai kebutuhan, pemeriksaan fisik Anda adalah waktu pribadi Anda yang diatur untuk mengajukan pertanyaan tentang apa pun yang berhubungan dengan kesehatan. Jika Anda tidak memahami tes apa pun yang dilakukan PCP Anda, jangan ragu untuk bertanya.
Tindak lanjut setelah Pemeriksaan Fisik atau Physical Examination

Setelah janji temu, Anda bebas untuk menjalani hari Anda. PCP Anda dapat menindaklanjuti dengan Anda setelah ujian melalui panggilan telepon atau email. Mereka umumnya akan memberikan Anda salinan hasil tes Anda dan berhati-hati memeriksa laporan. PCP Anda akan menunjukkan area masalah dan memberi tahu Anda apa pun yang harus Anda lakukan. Bergantung pada apa yang ditemukan PCP Anda, Anda mungkin memerlukan tes lainnya di kemudian hari.

Jika tidak ada tes tambahan yang diperlukan dan tidak ada masalah kesehatan muncul, berarti hasil tes pemeriksaan fisik Anda baik.

 

Reviewed by: dr. Ani

Source: https://www.healthline.com/health/physical-examination