Bagaimana Cara Memeriksa Payudara Sendiri?

Bagaimana Cara Memeriksa Payudara Sendiri?

Bagaimana cara memeriksa payudara sendiri? Hal yang bijak untuk mengetahui apa yang normal dan tidak normal pada payudara Anda. Dengan begitu, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, seperti benjolan, perubahan kulit, atau pengeluaran cairan.

Apa itu Pemeriksaan Mandiri Payudara?

Ini cara bagi Anda untuk memeriksa perubahan pada payudara Anda, seperti benjolan atau penebalan. Anda akan melihat dan merasakan kedua payudara. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa, beri tahu dokter Anda. Dalam banyak kasus, perubahan itu bukan kanker, tetapi Anda perlu menemui dokter untuk mengetahuinya

 

Bagaimana Saya Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri?

Jika Anda memilih untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

Di depan cermin:
  • Berdirilah tanpa busana dari pinggang ke atas di depan cermin besar di ruangan yang cukup terang. Lihatlah payudara Anda. Jika ukuran atau bentuknya tidak sama, tidak apa-apa! Sebagian besar payudara wanita tidak memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Dengan tangan Anda rileks di samping tubuh, cari perubahan ukuran, bentuk, atau posisi, atau perubahan kulit payudara. Cari kerutan, lekukan, luka, atau perubahan warna.
  • Periksa puting Anda dan cari luka, pengelupasan, atauperubahan arah.
  • Letakkan tangan Anda di pinggul dan tekan dengan kuat untuk mengencangkan otot-otot dada di bawah payudara Anda. Putar dari sisi ke sisi sehingga Anda dapat melihat bagian luar payudara Anda.
  • Kemudian membungkuk ke depan ke arah cermin. Putar bahu dan siku ke depan untuk mengencangkan otot dada. Payudara Anda akan jatuh ke depan. Cari perubahan bentuknya.
  • Sekarang, pegang tangan Anda di belakang kepala dan tekan tangan Anda ke depan. Sekali lagi, putar dari sisi ke sisi untuk memeriksa bagian luar payudara Anda. Ingatlah untuk melihat perbatasan di bawahnya. Anda mungkin perlu mengangkat payudara dengan tangan untuk melihatnya.
  • Periksa puting Anda apakah ada cairan yang keluar. Letakkan ibu jari dan jari telunjuk Anda pada jaringan yang mengelilingi puting susu dan tarik keluar ke arah ujung puting susu. Cari pengeluaran cairan. Ulangi pada payudara Anda yang lain.
Di kamar mandi:

* Rasakan perubahan pada payudara. Ini membantu membuat tangan Anda licin dengan sabun dan air. Periksa adanya benjolan atau penebalan di area ketiak Anda. Letakkan tangan kiri di pinggul dan raih dengan tangan kanan untuk merasakan di ketiak kiri. Ulangi di sisi lain.

* Periksa kedua sisi apakah ada benjolan atau penebalan di atas dan di bawah tulang selangka Anda.

* Dengan tangan yang bersabun, angkat satu tangan ke belakang kepala untuk merentangkan jaringan payudara. Gunakan bagian datar jari-jari Anda dari tangan lain untuk menekan dengan lembut ke payudara. Ikuti pola naik-turun, bergerak dari garis bra ke tulang selangka. Lanjutkan polanya sampai Anda telah menutupi seluruh payudara. Ulangi di sisi lain.

 

Berbaring:

  • Berbaringlah dan letakkan bantal kecil atau handuk lipat di bawah bahu kanan Anda. Letakkan tangan kanan di belakang kepala. Letakkan tangan kiri di bagian atas payudara kanan dengan jari-jari menyatu dan rata. Body lotion dapat membantu mempermudah ini.
  • Pikirkan payudara Anda sebagai wajah pada jam. Mulai dari jam 12 dan bergeraklah ke arah jam 1 dengan gerakan memutar kecil. Lanjutkan di sekitar seluruh lingkaran sampai Anda mencapai pukul 12 lagi. Jaga agar jari Anda tetap rata dan terus-menerus menyentuh payudara Anda. Saat lingkaran selesai, bergeraklah 1 inci ke arah puting susu dan selesaikan lingkaran lain di sekitar jam. Lanjutkan dalam pola ini sampai Anda merasakan seluruh payudara. Pastikan untuk merasakan bagian luar atas yang meluas ke ketiak Anda.
  • Letakkan jari Anda rata dan langsung di atas puting. Rasakan di bawah puting susu untuk setiap perubahan. Tekan lembut puting Anda ke dalam. Itu harus bergerak dengan mudah.
  • Ulangi langkah ini di payudara Anda yang lain. Jangan lupa untuk memeriksa bagian atas, bagian luar payudara, terdekat dengan ketiak.

 

Apa yang harus saya lakukan jika saya menemukan benjolan?

Jangan panik. Bisa jadi banyak hal selain kanker. Tetapi lakukan check-in dengan dokter Anda jika Anda melihat adanya perubahan payudara baru, seperti:

  • Area yang berbeda dari area lain di kedua payudara
  • Benjolan atau penebalan di atau dekat payudara atau di ketiak yang menetap melewati menstruasi
  • Perubahan ukuran, bentuk, atau kontur payudara
  • Massa atau benjolan
  • Daerah seperti marmer di bawah kulit
  • Perubahan rasa atau penampilan kulit pada payudara atau puting (lekukan, kerutan, bersisik, atau meradang)
  • Cairan berdarah atau bening dari puting
  • Kemerahan pada kulit di payudara atau puting

 

Reviewed by:  dr. Sylvani Gani

Source: https://www.webmd.com/breast-cancer/breast-self-exam#1