Cara Mencegah Sindrom Carpal Tunnel

Cara Mencegah Sindrom Carpal Tunnel

Bagaimana Cara Mencegah Sindrom Carpal Tunnel?

Jika pekerjaan atau hobi favorit Anda membuat tangan dan pergelangan tangan Anda tegang, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda menderita sindrom carpal tunnel. Mungkin Anda mengalami beberapa gejala, seperti kesemutan atau mati rasa di jari-jari Anda, dan Anda ingin memastikan itu tidak menjadi lebih buruk. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dan mencegah gejala memburuk.

Sindrom carpal tunnel disebabkan oleh tekanan pada saraf median Anda. Saraf ini memberi Anda perasaan di ibu jari dan semua jari Anda kecuali jari kelingking Anda. Ketika saraf median melewati pergelangan tangan Anda, ia melewati jalan sempit – terowongan karpal – yang terbuat dari tulang dan ligamen. Jika Anda mengalami pembengkakan di pergelangan tangan Anda, terowongan ini akan terjepit dan mencubit saraf median Anda, yang menyebabkan gejala Anda.

Tidak ada cara pasti untuk mencegah sindrom carpal tunnel. Tetapi jika Anda mengurangi stres dan ketegangan pada tangan dan pergelangan tangan Anda sebanyak yang Anda bisa, Anda dapat mencegahnya bertambah buruk.

1. Coba Sentuhan Lembut: Cara Mencegah Sindrom Carpal Tunnel

Seringkali dalam rutinitas harian kita, kita terbiasa melakukan hal-hal dengan cara tertentu sehingga kita bahkan tidak memikirkannya. Sering kali, Anda mungkin menggunakan kekuatan lebih dari yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, Anda mungkin memegang alat Anda terlalu erat ketika pegangan yang kuat banyak. Atau Anda dapat menggedor keyboard komputer Anda ketika melakukan penekanan tombol yang lembut.

Saat Anda menjalani hari Anda, perhatikan seberapa tegang tangan Anda dan seberapa banyak tekanan yang Anda berikan padanya. Jika Anda dapat mundur sedikit saja, tangan dan pergelangan tangan Anda akan berterima kasih.

2. Istirahatkan Diri Anda: Cara Mencegah Sindrom Karpal Tunnel

Minggir dari pekerjaan Anda untuk menekuk atau meregangkan tangan Anda. Istirahat 10 hingga 15 menit setiap jam sangat ideal. Ini sangat penting jika Anda menggunakan alat yang bergetar atau membuat Anda menerapkan banyak kekuatan.

 

3. Sering Lakuka Peregangan: Cara Mencegah Sindrom Karpal Tunnel

Saat Anda beristirahat (atau kapan saja sepanjang hari), cobalah peregangan sederhana ini:

  • Buat kepalan
  • Geser jari Anda ke atas hingga lurus
  • Ulangi 5-10 kali

Atau:

  • Buat kepalan
  • Lepaskan jari-jari Anda dan usir. Regangkan sejauh yang Anda bisa.
  • Ulangi 5-10 kali

 

4. Tetap Netral: Cara Mencegah Sindrom Karpal Tunnel

Jika Anda bisa, hindari menekuk pergelangan tangan Anda ke atas atau ke bawah. Saat Anda menjaga pergelangan tangan Anda dalam posisi lurus dan netral, itu akan menghilangkan tekanan dari saraf median Anda.

Mengenakan penahan pergelangan tangan saat Anda tidur dapat membantu Anda melakukan ini. Mungkin juga membantu memakainya selama aktivitas yang memicu gejala Anda.

 

5. Switch It Up: Cara Mencegah Sindrom Karpal Tunnel

Cobalah untuk menghindari melakukan gerakan tangan dan pergelangan tangan yang sama berulang kali. Misalnya, jika Anda memiliki tugas yang selalu Anda lakukan dengan tangan kanan, lakukan dengan tangan kiri Anda. Atau, campur tugas Anda sebanyak yang Anda bisa untuk membuat otot Anda istirahat.

 

6. Perhatikan Postur Anda: Cara Mencegah Sindrom Karpal Tunnel

Meskipun alami untuk berfokus pada pergelangan tangan dan tangan Anda, bagaimana Anda memegang bagian tubuh lainnya juga dapat membuat perbedaan. Postur yang buruk dapat menyebabkan Anda memutar bahu ke depan. Ini memicu reaksi berantai yang memperpendek otot leher dan bahu Anda, membuat saraf di leher Anda sakit, dan memperburuk masalah pergelangan tangan.

 

7. Tetap Hangat: Cara Mencegah Sindrom Karpal Tunnel

Kedengarannya sederhana, tetapi itu membuat perbedaan. Saat Anda kedinginan, rasa sakit dan kekakuan bertambah parah. Bahkan sarung tangan tanpa jari dapat membantu karena mereka menjaga tangan dan pergelangan tangan Anda tetap hangat dan longgar.

Baca juga: Serba-Serbi Akupunktur: Akupunktur Mengatasi 12 Penyakit Ini

 

Source: https://www.webmd.com/pain-management/carpal-tunnel/how-can-i-prevent-carpal-tunnel-syndrome#2