Wajib Tahu Manfaat Puasa

Wajib Tahu Manfaat Puasa

Anda wajib tahu manfaat puasa yang akan dibahas dalam artikel ini. Tanpa berlama – lama, mulai dari:

01. Membantu Penurunan Berat Badan: Wajib Tahu Manfaat Puasa

Banyak pelaku diet yang berpuasa mencari cara cepat dan mudah untuk menurunkan beberapa kilogram dari total berat badan. Secara teoritis, berpantang dari semua makanan dan minuman tertentu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan Bahkan, satu ulasan menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan mengurangi lemak tubuh selama 12-24 minggu.

Ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten selama 3-12 minggu sama efektifnya dalam menginduksi penurunan berat badan dengan pembatasan kalori terus menerus dan menurunkan berat badan dan massa lemak masing-masing hingga 8% dan 16%. Selain itu, puasa ditemukan lebih efektif daripada pembatasan kalori dalam meningkatkan kehilangan lemak sambil secara bersamaan menjaga jaringan otot

 

02. Meningkatkan Sekresi Hormon Pertumbuhan: Wajib Tahu Manfaat Puasa

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hormon kunci ini terlibat dalam pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa secara alami dapat meningkatkan kadar HGH. Satu studi pada 11 orang dewasa yang sehat menunjukkan bahwa puasa selama 24 jam secara signifikan meningkatkan kadar Human Growth Hormon (HGH). Studi kecil lain pada sembilan pria menemukan bahwa puasa hanya dua hari menyebabkan peningkatan 5 kali lipat dalam tingkat produksi Human Growth Hormon (HGH).

Plus, puasa dapat membantu mempertahankan kadar gula darah dan insulin yang stabil sepanjang hari, yang selanjutnya dapat mengoptimalkan kadar Human Growth Hormon (HGH), karena beberapa penelitian telah menemukan bahwa mempertahankan kadar insulin yang meningkat dapat mengurangi kadar Human Growth Hormon (HFH).

 

03. Bisa Menunda Penuaan dan Memperpanjang Umur Panjang: Wajib Tahu Manfaat Puasa

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan hasil yang menjanjikan tentang potensi memperpanjang umur dari efek puasa. Dalam sebuah penelitian, tikus yang berpuasa setiap hari mengalami tingkat penuaan yang lebih lambat dan hidup 83% lebih lama dari tikus yang tidak berpuasa.

Penelitian pada hewan lain memiliki temuan yang sama, melaporkan bahwa puasa bisa efektif dalam meningkatkan umur panjang dan tingkat kelangsungan hidup. Namun, penelitian saat ini masih terbatas pada penelitian pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana puasa dapat mempengaruhi umur panjang dan penuaan pada manusia.

 

04.Membantu dalam Pencegahan Kanker dan Meningkatkan Efektivitas Kemoterapi: Wajib Tahu Manfaat Puasa

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat bagi pengobatan dan pencegahan kanker. Faktanya, sebuah penelitian pada tikus menemukan bahwa puasa alternatif membantu menghambat pembentukan tumor. Demikian pula, sebuah penelitian menunjukkan bahwa memaparkan sel kanker pada beberapa siklus puasa sama efektifnya dengan kemoterapi dalam menunda pertumbuhan tumor dan meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pembentukan kanker.

Sayangnya, sebagian besar penelitian terbatas pada efek puasa pada pembentukan kanker pada hewan. Terlepas dari temuan yang menjanjikan ini, studi tambahan diperlukan untuk melihat bagaimana puasa dapat memengaruhi perkembangan dan pengobatan kanker pada manusia.

 

Reviewed by: dr. Sylvani Gani

Source: https://www.healthline.com/nutrition/fasting-benefits#section8