Penyebab Bau Mulut : Mengapa Bisa?

Penyebab Bau Mulut : Mengapa Bisa?

Bau mulut merupakan kondisi yang sangat tidak mengenakkan bagi diri sendiri dan juga orang lain yang berada di sekitar kita. Ditambah lagi jika harus berbicara kepada orang lain di saat kondisi nafas yang tidak segar, dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Sebenarnya, apa saja yang menyebabkan bau mulut? Sahabat healthcare, pada artikel ini akan membahas tentang hal – hal yang menyebabkan bau mulut:

  1. Mengorok: Mulut dapat menjadi kering jika Anda mendengkur atau tertidur dengan posisi mulut terbuka (menganga) dan hal ini membuatnya menjadi rumah yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyebabkan bau mulut pagi yang sangat tidak mengenakkan. Posisi tidur telentang akan membuat Anda lebih mungkin untuk mendengkur. Sisa makanan yang terdapat di sela – sela gigi dan gusi juga dapat membantu pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, sikatlah gigi Anda sebelum tidur.

 

  1. Penyakit gusi:jika bau mulut Anda beraroma logam, mungkin Anda memiliki bakteri yang tumbuh di bawah garis gusi Anda yang dapat menyebabkan peradangan bahkan infeksi. Dokter gigi akan mengatakan bahwa Anda memiliki periodontitis. Kebiasaan merokok dan tidak menyikat gigi secara teratur dapat menjadi penyebab utamanya. Penyakit gusi juga dapat menyerang satu keluarga.

 

  1. Acid Reflux: kondisi ini membuat asam lambung mengalir dengan cara yang salah, asam lambung mengalir di area esofagus (rongga yang menghubungkan tenggorokan ke perut. Hal ini dapat menyebabkan nafas Anda berbau asam dan memunculkan sedikit makanan atau cairan ke dalam mulut Anda. Asam lambung dapat merusak tenggorokan dan mulut serta dapat menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak sehingga membuat nafas Anda menjadi semakin bau.

 

  1. Diabetes:jika Anda memiliki kondidi bau mulut yang beraroma buah – buahan, dapat menjadi tanda bahwa tubuh menggunakan lemak untuk bahan bakar, bukan menggunakan glukosa (gula). hal ini dapat berarti bahwa tubuh kehabisan hormon insulin dan hubungi dokter dengan segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

  1. Pylori: merupakan sejenis bakteri yang terkait dengan kanker perut dan bisul. H. Pylori dapat menyebabkan bau mulut dan selain itu Anda dapat mengalami mual, sakit maag, sakit perut dan gangguan pencernaan juga. Gejala – gejala tersebut dapat hilang ketika bakteri mati oleh penggunaan antibiotik.

 

  1. Infeksi pernapasan:pilek, batuk dan infeksi sinus dapat mengirim lendir yang berisi bakteri melalui hidung dan mulut Anda. Hal ini dapat mempengaruhi bau mulut Anda. Akan tetapi hal ini dapat hilang ketika tubuh sudah sembuh kembali.

 

  1. Obat- obatan:beberapa obat dapat menyebabkan bau mulut karena dapat membuat mulut dalam konsisi kering. Obat – obatan seperti nitrat yang mengobati kondisi jantung, kemoterapi untuk kanker dan beberapa obat tidur akan melepaskan bahan kimia yang dapat membuat bau mulut ketika diproses di dalam tubuh. Hal ini juga dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak vitamin.

 

  1. Batu Amandel:batu amandel dapat mengiritasi tenggorokan Anda dan bakteri dapat tumbuh pada permukaannya. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut. Menyikat lidah dan berkumur dengan air setelah makan membantu untuk mencegah pembentukan batu amandel. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sering mengalaminya.

 

  1. Dehidrasi: ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup air (suatu kondisi yang disebut dengan dehidrasi), akan mengakibatkan produksi air liur menjadi berkurang, dimana air liur berfungsi untuk membersihkan bakteri dari mulut. Hal ini dapat menyebabkan bau mulut yang tidak segar. Sindrom Sjögren dan scleroderma juga dapat menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

 

  1. Infeksi:luka di dalam mulut yang mengalami infeksi dapat menjadi sarang bakteri. Hal ini dapat dialami kerika Anda tidak mengikuti instruksi dokter gigi atau merawat gigi dan gusi dengan baik. Efeknya, Anda akan mengalami bau mulut. Infeksi ini dapat diobati dengan antibiotik.

 

Reviewed by: dr. Ditta

Source: https://www.webmd.com/oral-health/ss/slideshow-breath-symptoms