Penyebab Gusi Bengkak

Tahukah Anda? Ternyata penting memperhatikan kesehatan gusi. Gusi tidak hanya memilikii peran utama dalam kesehatan gigi, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan. Saat menyikat gigi pernahkah Anda melihat sedikit darah di wastafel? Itu bisa menjadi salah satu tanda Anda menderita penyakit gusi. Mungkinkah penyebabnya pembengkakan gusi? Yuk, cari tahu penyebab gusi bengkak lengkapnya lewat ulasan berikut!

Penyebab Gusi Bengkak

Pada dasarnya gusi bengkak menjadi tanda atau masalah penyakit gusi.

Penyakit Gusi

Dilansir dari WebMD, lebih dari tiga perempat orang dewasa Amerika di atas usia 35 tahun menderita penyakit periodontal (gusi). Sementara kebanyakan orang dengan penyakit gusi memiliki bentuk yang tidak terlalu parah, yang disebut radang gusi, antara 5% dan 15% memiliki jenis penyakit gusi yang jauh lebih serius yang dikenal sebagai periodontitis. Penyakit gusi dapat terjadi pada siapa saja. Ketika seseorang tidak memperhatikan kebersihan gigi yang benar maka bakteri di mulut membentuk plak pada gigi. Bakteri ini menyebabkan peradangan pada gusi. Gusi menjadi merah, bengkak, dan berdarah. Biasanya bagi penderita radang gusi, peradangan ini tidak menyakitkan.

Jika Anda memiliki keluhan lebih awal dapat disembuhkan dengan memperhatikan kebersihan mulut. Sayangnya bila tidak segera diobati, radang gusi dapat memburuk. Akhirnya menyebabkan gigi tanggal. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari pertolongan medis yang tepat. Biasanya tahap awal didahului dengan radang gusi. Saat bakteri dalam plak menumpuk menyebabkan gusi meradang. Tak heran saat menyikat gigi mudah berdarah. Jika radang gusi tidak diobati penyakit ini dapat berkembang menjadi periodontitis.

Gusi Bengkak

Pada dasarnya gusi bengkak menjadi tanda atau masalah penyakit gusi. Jika Anda mengalami gusi bengkak segera temui dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab gusi bengkak bisa bermacam-macam. Biasanya berhubungan dengan kesehatan mulut atau komplikasi dari masalah kesehatan mulut. Beberapa penyebab gusi bengkak meliputi:

1. Partikel Makanan yang Menempel di Gigi

Penyebab gusi bengkak mungkin sederhana. Adanya sisa makanan yang tersangkut di antara gigi, terkadang tertahan di gusi dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada area tersebut. Gejala ini tidak berlangsung lama dan akan hilang begitu Anda menyikat dan membuang partikel makanan.

2. Radang Gusi

Radang gusi menjadi tahapan penyakit gusi yang bisa menyebabkan gusi bengkak dan iritasi. Kondisi ini umum dan biasanya dokter gigi akan memeriksanya. Anda mungkin hanya merasakan sakit ringan dan tidak tahu bahwa menderita radang gusi. Pasalnya tanpa pengobatan yang tepat, radang gusi dapat menyebabkan infeksi serius, biasa disebut periodontitis. Jika sudah parah ada beberapa gejala yang mengindikasikan periodontitis di antaranya:

  • Rasa tidak enak di mulut
  • Bau mulut yang terus berlanjut setelah dibersihkan
  • Gigi sensitif
  • Gigi goyang atau gigi tanggal
  • Gusi yang nyeri dan berwarna kemerahan
  • Nyeri saat mengunyah
  • Gusi berdarah
  • Gusi surut

3. Kehamilan

Gusi bengkak bisa terjadi saat seseorang sedang hamil. Meskipun memiliki kesehatan mulut yang terjaga. Kehamilan menyebabkan perubahan hormon yang signifikan dan cepat. Perubahan hormon dapat meningkatkan aliran darah ke gusi sehingga lebih senitif terhadap pembengkakan.

4. Infeksi
Masalah pembengkakan gusi dapat terjadi akibat infeksi yang ada di mulut. Contohnya, infkesi kronis herpes yang dapat menyebabkan gusi bengkak. Selain itu, sariawan karena infeksi jamur di mulut bisa juga menyebabkan pembengkakan.

5. Penyebab Lainnya
Beberapa masalah kesehatan lain dapat menyebabkan pembengkakan gusi. Meskpun kondisi ini jarang terjadi, penyebab gusi bengkak lainnya termasuk sebagai berikut:

  • Efek samping dari beberapa obat
  • Malnutrisi
  • Sensitif terhadap produk oral, seperti bahan dalam pasta gigi atau obat kumur
  • Penggunaan gigi palsu atau peralatan gigi lain yang ukurannya tidak pas

Biasanya dokter gigi akan meninjau gejala lain orang tersebut pada setiap kasus. Dokter juga memeriksa riwayat kesehatan untuk menentukan penyebab yang mendasarinya.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Ada beberapa perawatan yang dapat meringankan gusi bengkak. Perawatan medis untuk gusi bengkak diawali dengan menemui dokter gigi. Rutin memeriksakan gigi dapat membantu mengidentifikasi dan mencegah masalah kesehatan mulut. Dokter gigi akan merekomendasikan jenis pengobatan atau perawatan sesuai kondisi pasien. Perawatan medis untuk masalah mulut meliputi:

  • Obat kumur
  • Pasta gigi
  • Salep
Penyebab Gusi Bengkak

Jenis penyakit gusi yang jauh lebih serius yang dikenal sebagai periodontitis.

Pengobatan Rumahan

Jika Anda mengalami pembengkakan gusi ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan di rumah untuk meringankan gejala. Lebih detail akan kami jelaskan di bawah. Menurut beberapa studi cara ini dapat membantu meringankan gusi bengkak. Namun, jika sakit tidak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

1. Air Garam

Kumur air garam dapat meningkatkan kesehatan mulut dan meredakan peradangan pada gusi. Menurut Jurnal PLOS One membilas sel gusi manusia dengan air asin di laboratorium membantu merangsang penyembuhan luka. Anda cukup menggunakan sekitar 1 sendok teh garam yang dimasukkan ke dalam 1 cangkir air hangat. Lalu, kumur-kumurlah dengan lembut selama 30 detik. Lakukan cara ini hingga tiga kali stiap hari untuk mengurangi pembengkakan sementara.

2. Minyak Esensial

Tahukah Anda? Beberapa minyak esensial juga dapat meningkatkan kesehatan mulut. Menurut Jurnal Evidence-Based Dentistry, obat kumur yang mengandung minyak esensial lebih efektif mengurangi plak dan radang gusi daripada obat kumur biasa. Bahkan hasil studi dari European Journal of Dentistry, menyebutkan kultur sel pada minyak esensial, seperti thyme, peppermint, cengkeh, dapat membantu mencegah pertumbuhan kuman yang menyebabkan masalah mulut.

Studi lain pada Journal of Clinical and Diagnostic Research, menemukan obat kumur yang mengandung minyak serai dapat mengurangi plak. Bahkan bisa lebih efektif mengurangi tanda-tanda radang gusi dibandingkan obat kumur biasa. Namun, para peneliti masih memerlukan studi lebih lanjut. Jika ingin mencobanya pastikan obat kumur yang digunakan tidak mengandung bahan keras lainnya, seperti alkohol agar tidak mengiritasi gusi.

3. Lidah Buaya

Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah? Ternyata lidah buaya dapat membantu untuk mengurangi peradangan mulut. Sebuah tinjauan dari International Journal of Dental Hygiene, gel lidah buaya diduga mengurangi peradangan gusi. Namun, penelitian tersebut juga mencatat lidah buaya belum tentu lebih baik daripada obat kumur biasa.

4. Kunyit

Salah satu rempah yang biasa dijadikan bumbu dapur ini diduga bisa membantu mengurangi pembengkakan gusi. Dihimpun dari National Journal of Maxillofacial Surgery menemukan bahwa kunyit dapat secara efektif membantu mengontrol plak di mulut dan mengurangi gejala radang gusi. Para peneliti mencatat bahwa ini mungkin karena sifat anti-peradangannya.

Mencegah Gusi Bengkak

Langkah sederhana untuk mencegah gusi bengkak dapat Anda lakukan dengan beberapa hal berikut:

  • Menyikat gigi secara teratur setidaknya 2 kali sehari
  • Rutin membersihkan gigi dengan benang
  • Hindari minuman manis karena menyebabkan penumpukan bakteri di mulut
  • Hindari merokok, alkohol, dan obat kumur beralkohol
  • Hindari memakan makanan tajam seperti keripik, biji-bijian, dan berondong jagung yang dapat tersangkut di gigi.

Demikianlah serba-serbi mengenai penyebab gusi bengkak lengkap dengan cara penanganannya. Perlu diingat, gusi bengkak atau teriritasi biasanya menandakan masalah mendasar pada kesehatan mulut. Jika Anda sedang mengalaminya jangan mengabaikan gejala ini karena dapat memperburuk masalah dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan tepat sesuai diagnosisnya. Aesthetic Dental Clinic Ciputra Medical Center menyediakan layanan gigi umum dan spesialistik yang ditangani oleh dokter gigi spesialis di bidangnya. Layanan gigi ini didukung oleh fasilitas radiologi, lab gigi, dan alat serta bahan mutakhir yang terjamin sterilisasinya. Yuk, rasakan pelayanan yang nyaman dan aman di Aesthetic Dental Clinic Ciputra Medical Center!

Telah direview oleh dr. Valda Garcia

Source: