Mengapa Anda Membutuhkan X-Ray Panoramik

Mengapa Anda Membutuhkan X-Ray Panoramik

Mengapa Anda Membutuhkan X-Ray Panoramik | Ciputra Medical Center

Satu hal yang membedakan medical center yang memiliki poliklinik gigi yang baik dari medical center lainnya adalah kemauan untuk berinvestasi dalam teknologi gigi terbaru. Mengapa? Karena beberapa dari hal-hal teknologi tinggi yang tersedia untuk dokter gigi saat ini telah mengubah perawatan pasien. Misalnya, x-ray panoramik. Ini menawarkan sejumlah manfaat penting bagi pasien, menjadikannya gigi yang harus dimiliki.

Beberapa pasien bertanya-tanya mengapa mereka memerlukan x-ray panorama, terutama jika tidak ditanggung oleh asuransi. Kenyataannya adalah bahwa x-ray panoramik tidak hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut Anda, itu juga bisa menyelamatkan hidup Anda.

Apa itu X-Ray Panoramic?
Rontgen panoramik adalah rontgen dua dimensi yang menangkap gambar seluruh mulut pasien hanya dalam satu gambar. X-ray termasuk pandangan dari semua gigi, banyak tulang kepala dan leher, dan struktur anatomi kritis lainnya.

Tidak seperti menggigit rontgen gigi yang menunjukkan tampilan gigi Anda dari dekat, x-ray ini memberi Dr. Sanyk pandangan global kepala dan leher pasien. Pandangan ini memungkinkan untuk mendiagnosis lebih dari sekedar masalah gigi biasa, seperti gigi berlubang atau penyakit gusi. Sebaliknya, pandangan ini memungkinkan Dr. Sanyk untuk melihat masalah-masalah penting lainnya yang mungkin terjadi pada jaringan di sekitarnya dan tulang rahang seperti kanker mulut atau kelainan lain, hal-hal yang tidak akan terlihat dalam x-ray yang agak menyengat.

Mengapa Saya Membutuhkan X-Ray Panoramic?

Ada beberapa alasan mengapa kami merekomendasikan rontgen panoramik, termasuk:

Perawatan yang Lebih Baik.
Rontgen panoramik memungkinkan kita melihat kepala, leher, dan rahang Anda, dan bagaimana mereka bekerja bersama secara keseluruhan, yang berarti kita dapat lebih mudah mengidentifikasi kista, tumor, pertumbuhan, kelainan rahang, dan kanker.

Deteksi dini.
Karena rontgen panoramik menawarkan pandangan menyeluruh ke seluruh mulut Anda, kami dapat menemukan masalah gigi saat onsetnya. Deteksi dini biasanya menghasilkan pengobatan yang invasif minimal dan lebih murah, dibandingkan dengan kemudian dalam perkembangannya.

Hidup yang Berkepanjangan.
Sayangnya, kanker mulut memiliki angka kematian yang tinggi. Itu karena sering tidak terjebak pada tahap awal. Dengan x-ray panoramik, kami dapat meningkatkan kemungkinan mengidentifikasi kanker mulut sejak dini ketika itu yang paling mudah untuk diobati.

Temukan Perubahan.
Mengambil foto rontgen panoramik setiap 3-5 tahun memungkinkan kami untuk melihat perubahan yang terjadi di mulut Anda dari waktu ke waktu. Misalnya, kita dapat melihat apakah gigi Anda bergeser atau jika Anda mengalami kelainan tulang.

Berguna untuk Tahapan yang Berbeda.
Dengan anak-anak, kami menggunakan rontgen panoramik untuk menilai kebutuhan perawatan ortodontik. Kami menggunakan jenis rontgen pada remaja untuk alasan yang sama, serta untuk melihat bagaimana gigi bungsu mereka tumbuh. Untuk orang dewasa, rontgen panoramik digunakan untuk menemukan tanda-tanda peringatan dini kanker mulut, identifikasi TMJ masalah, dan melihat kista, pertumbuhan, dan kelainan secara lebih rinci.

Apa yang Dapat Saya Harapkan Dari Panoramic X-Ray?

Selama rontgen panoramik, kami akan memposisikan kepala Anda menggunakan dagu, dahi, dan sandaran samping. Kami juga akan menstabilkan gigitan Anda untuk menjaga mulut Anda sedikit terbuka. Kemudian, mesin x-ray akan berputar setengah lingkaran di sekitar kepala Anda, memungkinkan kami untuk mendapatkan gambaran komprehensif dari seluruh mulut dan rahang Anda. Seluruh prosesnya cepat, mudah dan tidak menyakitkan sama sekali, berlangsung sekitar 30 detik.

Selain itu, rontgen panoramik hanya disarankan setiap 3-5 tahun. Banyak paket asuransi memungkinkan manfaat untuk prosedur ini tetapi bagi mereka yang tidak, biaya keluar dari kantong kurang berdampak karena hanya terjadi setiap beberapa tahun.

Biaya rontgen yang relatif rendah tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang harus dialami seorang pasien yang menderita kanker mulut atau tumor yang tidak tertangkap karena rontgen panoramik tidak selesai pada interval yang direkomendasikan. Faktanya, berikut adalah salah satu dari banyak cerita tentang bagaimana deteksi dini dapat menyelamatkan nyawa. Lebih baik berhati-hati daripada menyesal!

Di Ciputra Medical Center, kesehatan mulut setiap pasien adalah prioritas nomor satu kami. Inilah sebabnya kami menggunakan teknologi gigi terbaik dan merekomendasikan perawatan pencegahan, seperti x-ray panoramic, untuk menjaga pasien kami tersenyum dan sehat untuk jangka panjang. Hubungi kami hari ini untuk mempelajari lebih lanjut!

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda

Reviewed by: dr. Lettisia Amanda Ruslan

Source: https://www.smilehilliard.com/blog/need-panoramic-x-ray/