Pemeriksaan Kulit: Mengapa dan Bagaimana

Pemeriksaan Kulit: Mengapa dan Bagaimana

Mengapa pemeriksaan kulit itu penting?

Pemeriksaan kulit dimaksudkan untuk mengidentifikasi tahi lalat yang mencurigakan, pertumbuhan, dan perubahan lain pada kulit Anda. Bentuk, ukuran, batas, warna, dan karakteristik lain dari pertumbuhan yang mencurigakan dapat membantu dokter untuk mendiagnosis kondisi medis yang mendasarinya.

Pemeriksaan kulit adalah cara terbaik untuk menemukan kanker kulit sejak dini. Dan semakin cepat kanker kulit diidentifikasi, semakin mudah untuk diobati. Penting bahwa Anda melakukan pemeriksaan mandiri secara teratur. Orang dewasa juga harus menjalani pemeriksaan kulit secara teratur oleh dokter kulit mereka.

 

Apa yang diharapkan selama pemeriksaan kulit?

Pemeriksaan kulit di rumah bisa dilakukan kapan saja. Cermin genggam dan cermin ukuran penuh mungkin membantu untuk melihat leher, punggung, dan bagian bokong Anda.

Daerah yang terpapar sinar matahari secara lebih sering adalah yang paling mungkin untuk mengembangkan pertumbuhan jaringan yang janggal. Namun, tahi lalat yang mencurigakan dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Itu sebabnya dokter kulit perlu melakukan pemeriksaan tubuh secara lengkap.

Meskipun pemeriksaan kulit dengan orang lain mungkin tidak nyaman untuk beberapa orang, akan tetapi merupakan hal pokok bagi dokter untuk mendiagnosis dini kanker kulit. Anda mungkin diberi pakaian khusus rumah sakit untuk kesopanan. Anda dapat memilih untuk tidak memeriksakan bokong atau area genital Anda, tetapi jika Anda memiliki titik atau pertumbuhan yang mencurigakan, Anda mungkin ingin memeriksakannya ke dokter. Pemeriksaan kulit menyeluruh, juga dikenal sebagai pemeriksaan kulit tubuh total (TBSE), harus mencakup pemeriksaan dari kulit kepala hingga kaki.

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang area yang menjadi perhatian sebelum atau selama pemeriksaan. Anda juga harus merasa bebas untuk mengajukan pertanyaan tentang tanda-tanda yang harus diperhatikan, pencegahan kanker kulit, atau aspek lain dari kesehatan kulit. Pemeriksaan ini seharusnya hanya memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit.

 

Apa yang terjadi jika dokter Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan

Jika dokter Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, mereka mungkin menggunakan dermatoscope untuk memeriksa area yang lebih dekat. Sebuah dermatoscope pada dasarnya adalah kaca pembesar yang menyala.

Jika dokter Anda mencurigai suatu tempat mungkin kanker, mereka akan melakukan biopsi. Mereka akan mengambil sampel jaringan kecil dari tempat yang mencurigakan dan mengirimkannya ke laboratorium untuk dianalisis. Di sana, ahli patologi akan mempelajari jaringan untuk menentukan apakah itu kanker atau bukan. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar satu minggu.

Terkadang, tahi lalat atau tempat yang mencurigakan tidak perlu dihilangkan atau dibiopsi. Sebagai gantinya, dokter Anda dapat mengambil foto tahi lalat itu dan menempatkan gambar itu di file Anda. Pada pemeriksaan Anda berikutnya, mereka dapat membandingkan untuk melihat apakah ada perubahan dalam ukuran atau bentuk tahi lalat.

 

Apa yang terjadi selanjutnya

Jika biopsi menunjukkan hasil jaringan yang jinak, maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan lain hingga pemeriksaan kulit Anda berikutnya. Jika hasil lab mengungkapkan kanker kulit, rencana perawatan Anda akan tergantung pada jenis kanker yang Anda miliki.

 

Prosedur yang lebih kecil | Pemeriksaan Kulit

Jika Anda memiliki karsinoma sel basal – jenis kanker kulit yang paling umum – atau karsinoma sel skuamosa, Anda memiliki beberapa pilihan. Lesi kanker kecil dapat dihilangkan dengan prosedur yang disebut kuretase dan elektrodesikasis. Prosedur ini menghilangkan pertumbuhan dan kemudian mengeringkan atau membakar area tersebut dengan jarum panas. Prosedur ini memiliki angka kesembuhan 95 persen.

Lesi yang lebih besar mungkin memerlukan operasi mikrografi Mohs. Dalam prosedur ini, lapisan kulit yang mengandung pertumbuhan kanker akan diangkat. Jaringan tersebut kemudian diperiksa untuk mengetahui adanya tanda-tanda kanker. Jika ada bagian dari jaringan yang mengandung sel kanker, lapisan lain diangkat dan diperiksa dengan cara yang sama sampai tidak ada kanker ditemukan.

 

Prosedur yang lebih invasif | Pemeriksaan Kulit

Bedah Mohs juga dapat digunakan untuk mengangkat melanoma, jenis kanker kulit yang paling serius. Namun, eksisi, yang merupakan prosedur yang lebih invasif, dapat digunakan jika pertumbuhan kanker lebih dalam daripada lapisan paling atas kulit Anda.

Jika melanoma telah menyebar ke bagian lain dari tubuh, seperti kelenjar getah bening, diperlukan perawatan yang lebih intensif. Anda mungkin memerlukan operasi tambahan untuk menghilangkan pertumbuhan kanker di tempat lain. Kemoterapi atau terapi radiasi mungkin juga diperlukan.

 

Ketahui opsi Anda

Terlepas dari diagnosis Anda, Anda dan dokter Anda harus mendiskusikan semua pilihan perawatan Anda. Tanyakan tentang risiko dan manfaat dari setiap opsi. Jika kanker kulit berada di tempat yang jelas, seperti wajah Anda, Anda juga dapat berbicara dengan dokter Anda tentang prosedur estetika

setelah perawatan atau pilihan perawatan awal yang mungkin meninggalkan bekas luka yang lebih sedikit.

Kuncinya adalah menemukan dan merawat kanker kulit sedini mungkin. Bahkan diagnosis yang berpotensi mengancam jiwa seperti melanoma memiliki tingkat kesembuhan hampir 100 persen jika didiagnosis sementara itu masih hanya di lapisan atas kulit.

 

Seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan Kulit

Riwayat medis Anda dan risiko kanker kulit Anda membantu menentukan seberapa sering Anda harus memiliki TBSE. Jika Anda berisiko tinggi atau menderita kanker kulit jenis apa pun, Anda harus mempertimbangkan skrining tahunan.

Jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut, Anda dianggap berisiko lebih tinggi terkena kanker kulit:

  • rambut merah dan bintik-bintik
  • memiliki lebih dari 50 tahi lalat
  • riwayat keluarga dengan kanker kulit
  • kelainan genetik yang membuat Anda sangat sensitif terhadap matahari
  • kondisi prekanker termasuk keratosis aktinik, nevi displastik, riwayat kanker kulit, dan kanker sel basal atau skuamosa
  • paparan sinar matahari terlalu banyak
  • sering berkunjung ke salon tanning
  • setidaknya pernah mengalami kulit terbakar matahari
  • perawatan sebelumnya termasuk terapi radiasi, perawatan imunosupresif, atau perawatan kanker lainnya

Jika Anda memiliki melanoma, Anda mungkin memerlukan pemeriksaan kulit lebih sering dari setahun sekali. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang sesuai untuk Anda. Pastikan untuk menindaklanjuti pemeriksaan tersebut.

Kanker kulit biasanya mudah diidentifikasi sejak dini. Tetapi satu-satunya cara untuk mendeteksi lebih awal adalah dengan melakukan pemeriksaan kulit.

 

Reviewed by: dr. Ani

Source: https://www.healthline.com/health/skin-cancer/skin-exams#how-often-to-go