Fakta Menarik Tentang Kepribadian

Fakta Menarik Tentang Kepribadian

Yang menentukan siapa Anda adalah kepribadian. Kepribadian sendiri mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan, baik itu apa yang Anda pilih untuk hidup, bagaimana cara Anda berinteraksi dengan keluarga, cara Anda memilih teman, sahabat ataupun pasangan hidup.

Kepribadian merupakan topik yang sangat menarik untuk dipelajari. Tak heran jika kepribadian masuk dalam kategori pembelajaran yang paling banyak diteliti dalam psikologi. Hasil dari penelitian ini, psikolog telah banyak belajar tentang hal – hal yang memengaruhi kepribadian serta bagaimana kepribadian memengaruhi perilaku Anda.

kepribadian

  1. Urutan kelahiran dapat memengaruhi kepribadian Anda

Konsep ini mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Sebagai contoh: anak sulung lebih sering digambarkan sebagai pribadi yang suka memerintah atau bertanggung jawab sedangkan anak terakhir terkadang digambarkan sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab dan impulsif. Tapi, apakah memang benar demikian adanya?

Verywell mind menuliskan, beberapa studi empiris telah menemukan bahwa hall – hal seperti urutan kelahiran dan keluarga memang dapat berdampak pada kepribadian. Satu penelitian bahkan menemukan bahwa urutan kelahirdan dapat memengaruhi pilihan teman dan pasangan hidup. Untuk mempermudah penjelasan akan dijelaskan dalam konsep seperti ini; anak sulung lebih cenderung bergaul dengan anak sulung lainnya, anak tengah bergaul dengan anak tengah lainnya dan anak bungsu juga akan lebih cenderung bergaul dengan anak bungsu lainnya.

Hasil studi yang telah mengamati lebih dari 5000 subyek di Amerika, lebih kurang 4.500 subyek berkebangsaan Inggris dan lebih dari 10.000 subyek peserta Jerman. Para peneliti menemukan bahwa anak – anak sulung cenderung memiliki skor yang lebih baik dalam tes kecerdasan, mereka juga melihat bagaimana urutan kelahiran memengaruhi informasi kepada diri sendiri yang dapat dilihat pada lima dimensi luas kepribadian yaitu ekstroversi, neurotisisme, keramahan, ketelitian dan keterbukaan. Studi ini menemukan sedikit bukti yang mendukung hubungan antara urutan kelahiran dan karakter.

kepribadian

  1. Sifat seseorang berhubungan dengan penyakit – penyakit tertentu

Sifat kepribadian yang terjadi di masa lalu diduga berkontribusi terhadap penyakit tertentu. Sebagai contoh, permusuhan dan agresi sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Yang menjadi pertanyaan adalah, seberapa besarkah hubungan sifat seseorang dengan penyakit yang dideritanya sekarang?

Baru – baru ini, para peneliti telah menggunakan teknik statistik yang dikenal sebagai meta-analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kembali penelitian sebelumnya tentang hubungan kepribadian dan penyakit. Hasil dari penelitiannya adalah beberapa koneksi yang sebelumnya tidak diketahui antara sifat – sifat kepribadian neurotik dan lima penyakit; sakit kepala, asma, radang sendi, ulkus peptik dan penyakit jantung.

kepribadian

  1. Kepribadian memengaruhi preferensi pribadi seseorang 

Kepribadian Anda akan memberikan efek mendalam pada preferensi pribadi Anda. Mulai dari memilih teman, hingga selera musik Anda. Kepribadian unik Anda dapat memengaruhi hampir setiap pilihan yang Anda buat dalam kehidupan sehari – hari.

Sebuah penelitiann di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kepribadian dapat memainkan peran yang kuat dalam preferensi politik. Satu studi yang dilakukan oleh para penepeneliti di University of Toronto menenukan bahwa individu yang mengidentifikasikan diri mereka dalam partai politik “konservatif” memiliki sifat ketertiban yang lebih tinggi sebagai kepribadian mereka, sedangkan bagi individu yang mengidentifikasi diri mereka dalam partai politik “liberal” memiliki sifat empati yang lebih tinggi.

Para peneliti menyarankan bahwa seseorang yang dapat mempertahankan sifat ketertiban atau mengekspresikan empati dapat memiliki pengaruh yang kuat pada preferensi politik.

Reviewed by dr. Inggrid

Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.com

Facebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter