Apa Itu Klinik Psikiatri?

Apa itu klinik psikiatri? Mungkin sebagian orang pernah mendengarnya. Ahli psikiatri adalah dokter yang biasa disebut dengan psikiater. Seorang psikiater biasanya telah mengecap bangku pendidikan spesialisasi di bidang ilmu psikiatri.

Psikiater adalah dokter yang memiliki spesialisasi untuk mencegah, mendiagnosis, dan mengobati penyakit mental. Jadi, sudah tahu kan apa itu klinik psikiatri? Jika Anda tertarik dan ingin menjadi seorang psikiater, Anda harus menempuh pendidikan kedokteran selama 4 tahun. Lalu, diikuti dengan magang satu tahun dan pendidikan spesialis selama tiga tahun sebagai residen psikiatri.

Setelah menempuh pendidikan spesialis, gelar yang didapatkan ialah sebagai dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater. Psikiater bertugas menangani orang yang memiliki gangguan mental. Gangguan mental diantaranya, seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi. Psikiater akan mengambil langkah sesuai prosedur untuk memberikan pengobatan dan mengevaluasi kondisi penderita yang mengalami masalah kejiwaan dari sisi medis. Seorang psikiater dilatih untuk membedakan masalah kesehatan mental dari kondisi medis lain yang mendasari munculnya gejala kejiwaan. Dokter psikiater juga memantau efek penyakit mental pada penyakit fisik lainnya, seperti masalah jantung atau tekanan darah tinggi, serta efek obat-obatan pada tubuh. Jadi, inilah yang membedakan psikiater dengan psikolog.

Subspesialisasi Bidang Psikiatri
Biasanya setelah menyelesaikan sekolah spesialis, seorang psikiater dapat melanjutkan pendidikan subspesialisasi di bidang psikiatri. Nah, apa saja subspesialisasi di bidang psikiatri? Mari kita simak lewat ulasan di bawah ini!

  • Psikiatri Anak dan Remaja
    Pada subspesialisasi ini akan menangani gangguan mental pada anak dan remaja. Biasanya anak-anak yang memiliki ganguan kejiwaan membutuhkan penanganan psikiater. Beberapa gangguan kejiwaan anak, seperti masalah tumbuh kembang, gangguan autisme, ADHD, skizofrenia, gangguan makan, serta gangguan mood.
  • Psikiatri Lansia
    Selanjutnya, subspesialisasi psikiatri lansia menangani gangguan mental dan emosional pada lansia. Selain anak-anak, lansia juga memiliki kebutuhan khusus, jenis gangguan, pengobatan yang berbeda dengan orang dewasa pada umumnya.
  • Psikiatri Adiksi
    Pada subspesialisasi ini, psikiatri khusus menangani orang yang mengalami gangguan jiwa terkait masalah kecanduan zat. Sebagai contoh, kecanduan minum-minuman beralkohol dan obat-obatan.

Kondisi Kesehatan yang Diobati Psikiatri
Psikiater memiliki tugas pokok mendiagnosis dan mengobati orang yang mengalami gangguan mental, serta melakukan pencegahan terhadap gangguan kejiwaan.  Berikut beberapa contoh gangguan mental yang biasa ditangani seorang psikiater.

  • Depresi dan demensia
  • Fobia
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan tidur dan makan
  • Gangguan obsesif kompulsif
  • Gangguan stress pasca trauma
  • Skizofrenia
  • Kecanduan obat-obatan dan minuman beralkohol

Ada banyak metode terapi yang digunakan psikiater untuk menangani masalah kesehatan mental seperti terapi obat, intervensi psikososial, elektrokonvulsif (ECT). Tujuan dilakukan terapi ini adalah untuk menghilangkan atau mengendalikan gangguan yang dialami oleh pasien. Psikoterapi biasanya memerlukan beberapa kali pertemuan tergantung dari tingkat keparahan gangguan pada pasien tersebut.

Selain itu, terapi obat juga digunakan psikiater untuk memperbaiki kondisi ketidakseimbangan kimia pada otak seseorang yang dapat menyebabkan gangguan mental. Kerja sama antara psikiater dan komitmen pasien serta dorongan dari orang terdekat menentukan keberhasilan pengobatan pada pasien dengan gangguan jiwa. Pengobatan gangguan jiwa memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dengan demikian keluarga diharapkan bersabar dan selalu memberikan dukungan.

Apa Itu Klinik Psikiatri?

Kapan Harus Berkunjung ke Klinik Psikiatri?
Ketika Anda memiliki keluhan mental sebaiknya langsung berkonsultasi ke psikiater atau datang ke klinik psikiatri terdekat. Terutama bila gangguan mental sudah mempengaruhi aktivitas sehari-hari hingga menimbulkan keluhan fisik.
Sebenarnya menemui psikolog terlebih dahulu untuk mendapatkan konseling boleh saja. Jika perlu penanganan khusus, psikolog akan merujuk penderita gangguan mental ke psikiater untuk mendapatkan pengobatan lanjutan. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat penderita harus segera ditangani psikiater.

Misalnya saja, ada pasien yang mengalami depresi berat sehingga memiliki niat untuk bunuh diri. Dokter psikiatri bisa segera menangani pasien tersebut untuk meredakan gejalanya sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang di sekitarnya. Ilmu psikiatri dan psikologi dapat saling melengkapi. Meskipun keduanya sama-sama menangani kesehatan mental, namun penanganan yang diberikan oleh psikiater berbeda. Biasanya psikolog lebih banyak menangani masalah kehidupan sehari-hari. Sedangkan psikiater condong menangani masalah kejiwaan yang sudah berat dan membutuhkan obat.

Bagiamana Memilih Tenaga Kesehatan Mental yang Tepat?
Menemukan ahli kesehatan mental yang tepat sama pentingnya dengan menemukan dokter yang tepat. Sebelum memutuskan untuk datang dan berkonsultasi terkait masalah yang dialami, Anda harus mulai dengan berkonsultasi via telepon terlebih dahulu ke rumah sakit atau klinik psikiatri.  Tanyakan terkait pendekatan profesional yang diberikan untuk menangani kesehatan mental karena ada banyak metode perawatan. Lalu, tanyakan apakah klinik/rumah sakit tersebut menerima asuransi atau tidak. Setelah itu, berikan informasi terkait keluhan atau masalah mental yang Anda alami dan tanyakan apakah berpengalaman dalam menangani masalah tersebut.

Jika Anda merasa nyaman dengan konsultasi tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat janji. Biasanya pada kunjungan pertama, psikiater akan bertanya mengapa Anda perlu datang mengunjunginya? Dokter ingin mengetahui gejala, berapa lama Anda mengalaminya, dan apa yang telah Anda lakukan di masa lalu. Ahli kesehatan mental akan menjelaskan rencana perawatan dan akan memberi kesempatan untuk Anda mengajukan pertanyaan yang ingin disampaikan. Selama perawatan berlangsung perlu kerja sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana sudah jelaskah apa itu klinik psikiatri? Jadi, itulah pembahasan seputar psikiatri. Apa itu klinik psikiatri hingga subspesialisasi bidang psikiatri sudah terjawab. Jika Anda mencari psikiater yang sesuai? Segera kunjungi klinik atau rumah sakit terdekat untuk mencapai pemulihan yang optimal. Ciputra Medical Center juga menyediakan layanan konsultasi, observasi, hingga asesmen. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi terkait layanan Mind and Behavior Clinic.

 

Telah direview oleh dr. Sylvani Gani

Source: