Apa Itu Ahli Diet dan Ahli Gizi?

Apa Itu Ahli Diet dan Ahli Gizi?

Pernahkah Anda merasa bingung memilih salah satu diantara dua pilihan? Sama halnya saat Anda memutuskan untuk mengunjungi profesi satu ini. Apa itu ahli diet dan ahli gizi? Bukankah keduanya sama saja? Simak ulasan di bawah ini untuk informasi lengkapnya!

Penjelasan Seputar Dietitian / Ahli Diet 

Apa Itu Ahli Diet?

Apa itu ahli diet dan ahli gizi? Dietitian adalah seorang ahli gizi yang sudah memiliki penyetaraan gelar RD (Registered Dietitian). Profesi ini menjadi satu-satunya yang bisa mendiagnosis, menaksir, dan memberikan informasi terkait pola makan, nutrisi, hingga seputar kesehatan kepada individu atau masyarakat. Ahli gizi (RD) sendiri bisa membuka konsultasi terkait masalah gangguan pola makan hingga membantu proses penyembuhan penyakit kronis tertentu, bahkan merumuskan program diet sebagai bagian dari perawatan medis.

Contohnya saja, seperti pasien diabetes. Apa yang Anda makan dapat berdampak besar pada kesehatan Anda. Diet tepat bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Makan dengan baik juga dapat membuat Anda memiliki berat badan yang ideal. Tapi itu lebih dari sekadar makan-makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, beberapa produk susu dan menjauhi makanan yang tidak sehat (makanan yang digoreng, makanan tinggi garam, permen, minuman tinggi gula). Ternyata berapa banyak yang Anda makan dan seberapa sering Anda makan juga menjadi hal yang penting.

Siapa Saja Ahli Diet?

Lalu, siapa saja yang bisa menjadi dietitian? Seorang dietitian professional biasanya lulusan dari universitas terakreditasi. Gelar yang didapat seperti Akademi Gizi (B.Sc Gizi), Diploma III (Ahli Madya Gizi), Diploma IV Gizi (Sarjana Terapan Gizi) atau Strata Satu Gizi (S.Gz). Sama halnya dengan profesi lain, Dietitian juga memiliki izin praktik dan perlu melakukan ujian kompetensi setiap tahunnya. Jika Anda ingin mencari seseorang yang telah berlisensi yang bisa memberikan saran gizi terpercaya, cobalah cari “ahli gizi terdaftar” atau inisial RD di depan nama ahli gizi tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pelayanan professional yang telah terdaftar secara hukum dan negara sehingga keamanan dan keandalannya terjamin.

 

Apa Itu Ahli Diet dan Ahli Gizi
Pola makan sehat dan seimbang penting untuk kesehatan tubuh

Penjelasan Seputar Nutritionist / Ahli Gizi

Apa Itu Ahli Gizi?

Lain halnya dengan dietitian, nutritionis adalah ahli gizi yang sudah memiliki syarat untuk memberikan informasi tentang gizi dan masalah kesehatan, serta makanan dan pola makan sehat. Seorang nutritionist biasanya bekerja di pemerintahan atau badan publik. Tak jarang ada juga yang bekerja dengan klien pribadi untuk merumuskan informasi seputar gizi. Namun, ahli gizi ini tidak memiliki lisensi secara formal atau pelatihan dari praktisi profesional sehingga tidak bisa memberikan pengobatan serta diagnosa penyakit. Ahli gizi bisa berkerja dengan pasien dalam perawatan bila diawasi langsung oleh professional kesehatan terdaftar, yakni ahli gizi RD. Ahli gizi merupakan tenaga spesialis khusus yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang gizi. Ahli gizi memiliki peran untuk mengatur gizi pasien atau kelompok khusus. Misalnya saja pada penderita penyakit stroke, kanker, diabetes, ibu hamil dan juga masyarakat. Lain halnya dengan ahli gizi RD, ahli gizi tidak dilindungi oleh hukum, bila Anda melakukan pemeriksaan sebaiknya cek terlebih dahulu apakah mereka memiliki pelatihan yang memadai.

Apa yang Diharapkan dari Ahli Diet dan Ahli Gizi?

Dokter akan merujuk Anda ke dietitian atau ahli gizi RD/ RDN. Kunjungan pertama Anda bisa berlangsung dari 45 hingga 90 menit. Mereka akan memeriksa riwayat kesehatan Anda dan membicarakan tentang obat-obatan yang Anda minum. Mereka juga akan bertanya tentang jenis makanan yang Anda suka dan seberapa sering Anda berolahraga. Kemudian mereka akan membantu Anda menyiapkan rencana makan harian yang memperhitungkan semua itu. Anda mungkin melakukan kunjungan sebanyak 4 kali selama 6 bulan ke depan, semua tergantung pada kondisi kesehatan Anda. Setelah itu, Anda akan kontrol setiap tahunnya. Sebagian besar paket asuransi, termasuk Medicare, mencakup sejumlah sesi dengan RD atau RDN. Jadi profesi keduanya tidaklah sama. Anda harus bisa membedakan apa itu ahli diet dan ahli gizi?

Sekarang Anda sudah mengerti kan apa itu ahli diet dan ahli gizi? Itulah perbedaan ahli gizi dan dietitian yang bisa Anda pahami. Seperti kita ketahui, trend hidup sehat mulai digemari banyak kalangan. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjalankan hidup sehat semakin meningkat. Ciputra Medical Center memiliki layanan Nutrition Care Center yang bisa menjawab kebutuhan Anda. Ada berbagai layanan yang bisa Anda dapatkan, seperti Consultation with Clinical Nutrition Specialist, Sports Nutrition Management, Personal Diet Program Management, Kids Nutrition, PCOS/PCOD Treatment, serta Genetic Based Diet Method. Yuk, segera datang dan konsultasikan dengan tim berpengalaman di Ciputra Medical Center!

 

Telah direview oleh dr. Sylvani Gani

Source