Kapan Waktu yang Tepat untuk Memeriksakan Organ Intim Kita?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memeriksakan Organ Intim Kita?

Saat ini, banyak orang yang mulai mengerti bahwa kesehatan jasmani merupakan salah satu aset yang penting bagi kehidupan.  Hal ini ditunjukan dengan semakin bertambahnya kelompok masyarakat yang mulai menyadari dan  melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika diperhatikan, ada banyak anggota tubuh yang perlu diperhatikan untuk dijaga kesehatannya. Tidak terkecuali, menjaga organ intim agar tetap sehat juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Berbicara mengenai kesehatan organ intim, hal yang paling sering menjadi perhatian  masyarakat awam adalah mengenai higienitasnya (kebersihannya). Selain Kebersihan, ada banyak hal terkait dengan kesehatan organ intim yang menjadi bahan pembicaraan. Antara lain, berkaitan dengan keturunan, aktifitas seksual, penyakit yang (ditakutkan) timbul pada alat kelamin, dan masih banyak lagi. Kesehatan organ intim perlu diperhatikan karena jika tidak dijaga, selain dapat membawa penyakit kepada diri sendiri, organ intim juga dapat menjadi media penularan penyakit.

Secara umum, pembahasan mengenai kesehatan organ intim dapat dibedakan dari gender (pria dan wanita). Upaya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan organ intim antara pria dan wanita otomatis berbeda. Untuk menjaga organ intim tetap sehat, diperlukan kesadaran dari seseorang untuk memahami kondisi kesehatan organ intim. Namun, seiring dengan pola hidup masyarakat saat ini yang penuh dengan kesibukan, sangat jarang sekali seseorang memperhatikan kesehatan organ intimnya. Lantas, kapankah waktu yang tepat bagi seseorang untuk memeriksakan kesehatan organ intimnya? .

organ intim

Dr. Tiara Kirana, Sp. And dari ADDAM Male’s Clinic Ciputra Medical Center mengungkapkan, kesadaran untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pria sebaiknya dilakukan sejak dini. “Memasuki usia reproduktif, harus aware juga terhadap fungsi seksualnya seperti adanya mimpi basah, munculnya libido, dan apakah terjadi kondisi abnormal pada organ reproduksi. Memasuki usia tua, perlu diperhatikan tentang kemampuan seksual dan kemampuan fungsi tubuh yang mulai berkurang karena kemungkinan berkurangnya fungsi hormonal”. Faktor pola hidup saat ini yang sangat sibuk dan menuntut seseorang untuk serba cepat juga berdampak pada tingginya tingkat stres dan secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Tanpa terkecuali, kesehatan organ reproduksi pada pria.

organ intim 4

Sedangkan untuk wanita, menurut The American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG), kesadaran untuk menjaga dan memeriksakan kesehatan organ reproduksi untuk wanita sebaiknya dimulai ketika memasuki usia 13 tahun. Hal ini berkaitan dengan mulai berkembangnya hormon reproduktif yang ditandai dengan munculnya perubahan fisik pada wanita ketika memasuki masa puber seperti tumbuhnya rambut pubis, payudara, mulai mengalami menstruasi, dll. “Pemeriksaan kesehatan organ reproduksi wanita penting dilakukan setiap tahun. Pemeriksaan ini meliputi skrining, evaluasi, konseling, dan imunisasi. Umumnya pada pasien wanita dilakukan wawancara meliputi masalah kesehatan organ reproduksi, pemeriksaan organ panggul (misal pap smear), dan imunisasi HPV.” ungkap Dr. Arini Firmansyah Sp. OG dari Female Clinic Ciputra Medical Center.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa menjaga kesehatan organ reproduksi baik bagi pria maupun wanita merupakan hal yang perlu dilakukan sejak dini tanpa harus menunggu adanya masalah kesehatan. Memiliki organ reproduksi yang sehat dapat menjadi salah satu faktor penting kebahagiaan dalam hidup seseorang atau sebuah keluarga.
Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.com

Facebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter