FISIOTERAPI, DRIVING AND BACK CARE

FISIOTERAPI, DRIVING AND BACK CARE

Fisioterapi untuk nyeri pinggang. Setiap hari, sebagian besar dari masyarakat telah menggunakan mobil sebagai alat transportasi utama untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belanja, rekreasi atau sekedar jalan-jalan. Dalam kaitannya dengan kondisi kepadatan kendaraan yang tinggi di Jakarta, seseorang dapat menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk duduk di mobil. Ironisnya, walaupun mobil di desain untuk berkendara dalam jarak jauh, dengan berbagai fasilitas modern dan kenyamanan yang tinggi, duduk nyaman di dalam mobil dalam waktu lama tetap berpotensi menimbulkan masalah pada pinggang.

fisioterapi

Mengemudi berbeda dengan duduk di kursi

Ketika mobil dalam posisi berhenti, duduk dimobil tidak jauh berbeda dengan duduk di kursi biasa, Tetapi, ketika mobil berjalan banyak hal yang berubah. Tubuh akan mengalami gaya berbeda baik saat melaju atau mengerem, saat berbelok kekiri dan ke kanan, serta gaya ke atas dan kebawah akibat getaran. Selain itu, posisi kaki yang aktif mengontrol kecepatan mobil menjadikan kaki tidak dapat memberikan support dan stabilisasi untuk tubuh kita sebagaimana saat duduk di kursi. Terjadinya masalah pada pinggang dalam kaitannya dengan posisi duduk saat mengemudi secara umum merupakan kombinasi antara hal-hal tersebut.

fisioterapi

Mengemudi dan Nyeri Pinggang

Berdasarkan studi tentang mengemudi kaitannya dengan nyeri pinggang yang telah dilakukan, akibat dari getaran dan goncangan saat mengemudi dapat berdampak langsung pada pinggang. Hal ini membuat beban pada tulang belakang meningkat dan beresiko menyebabkan nyeri dan cidera pada pinggang.

Posisi saat mengemudi yang tidak tepat akan meningkatkan resiko sakit pinggang menjadi jauh lebih besar. Posisi duduk yang tidak lurus dan terlalu membungkuk akan meningkatkan beban pada pinggang. Pengaturan sudut tempat duduk serta jarak tubuh dengan kemudi menjadi penting untuk menurunkan potensi gangguan pada pinggang.

Bagi anda yang sering mengemudi dalam waktu lama dan frekuensi yang tinggi diperlukan latihan penguatan dan latihan kelenturan untuk otot pinggang dan perut anda, agar terhindar dari masalah nyeri pinggang.

Baca : fisioterapi dan nyeri bahu

Beberapa latihan yang dapat anda lakukan untuk mengurangi resiko nyeri saat mengemudi :

1. Shoulder Shrugs

Lakukan gerakkan pada bahu:

Ke atas – ke bawah

Ke depan – ke belakang

Putar ke depan – ke belakang

2. Glute Squeezes

Kerutkan kedua pantat dengan bersamaan tahan selama 6 detik kemudian rilek

3. Inner Thigh Strengtheners

Tarik kedua lutut ke dalam dengan posisi tangan menekan tempurung lutut keluar (seperti pada gambar) . Tahan 6 detik kemudian rilek

4. Toe Raises

Angkat  jari – jari dan telapak kaki ke atas, tahan 6 detik lalu kembali ke posisi semula.

5. Heel Raises

Lakukan gerakkan berjinjit / tumit dan telapak diangkat dengan tumpuan pada jari – jari kaki

6. Abdominal Squeeze

Tegakkan badan dan tarik perut ke dalam.

Selain latihan tersebut, satu hal yang terpenting adalah memperbaiki postur anda saat mengemudi, diantaranya: tarik dagu anda kedalam, jangan memegang stir terlalu kencang untuk menghindari stress pada otot, serta lakukan relaksasi bahu anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fisioterapi dan cara mengemudi yang benar, silahkan menguhubungi:
 
  
Informasi dan Appointment :
Ciputra Medical Center
Telp: (021) 298 881 37 / (whatsapp) 0813 15000 356
www.ciputramedicalcenter.com
Facebook: Ciputra Medical Center
Instagram: @ciputramedicalcenter
Operasional: Senin–Sabtu | 08:30–20:30 WIB
Alamat: Lotte Shopping Avenue Lt. 5 Ciputra World 1 Jakarta.