Tak Hanya IQ, Banyak Jenis Kecerdasan Lain

Tak Hanya IQ, Banyak Jenis Kecerdasan Lain

Tidak hanya IQ (Intelligence Quotience) yang menjadi tolak ukur pintar atau tidaknya seseorang. Ada beberapa jenis kecerdasan lain yang mengidentifikasi seseorang pintar dalam hal – hal yang mungkin orang lain tak dapat melakukannya. Pada artikel kali ini akan menjelaskan tujuh kecerdasan selain IQ.

Beberapa jenis kecerdasan yang dijelaskan di bawah ini merupakan “kecerdasan berganda” sehingga satu orang dapat memiliki kecerdasann lainnya. Penasaran? Ini dia penjelasannya;

kecerdasan

  1. Kecerdasang linguistik

Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan berbahasa. Orang – orang dengan kecerdasan linguistik sangat menyukai kata – kata dan menyenangi aktivitas membaca dan menulis. Tak heran jika mereka sangat berbakat dalam mempelajari bahasa. Mereka sangat menikmati kompleksitas struktur kalimat, struktur kata, makna dan bunyi dan dengan cepat mempelajarinya. Di sekolah, mereka sangat menyenangi pembelajaran dengan mencatat dan memiliki kemampuan untuk mengajar orang lain dan mengkomunikasikan konsep yang kompleks.

Karakter seseorang dengan kecerdasan linguistik adalah suka menulis, baik dalam mengedit kata – kata, menyukai permainan kata, berbicara tentang apa yang mereka baca, mengingat kutipan – kutipan / quotes dan menyukai bahasa asing.

Beberapa pekerjaan yang cocok; menajdi seorang copywriter, reporter pengadilan, editor, wartawan, dosen, penyiar radio atau berita dan juga menjadi penerjemah.

kecerdasan

  1. Kecerdasan Interpersonal

Orang – orang dengan kecerdasan interpersonal berkembang dengan interaksi sosial. Mereka mahir dalam membangun hubungan dengan orang asing dan sangat mudah menjalin pertemanan dengan orang baru. Seseorang dengan kecerdasan interpersonal sangat ahli dalam berkolaborasi, sehingga membuat mereka bekerja dengan banyak teman.

Pada aktivitas interaksi, dialog dan diskusi, mereka akan menunjukkan rasa antusias dan sangat bersemangat. Orang lain sering mencari mereka untuk meminta nasihat dan bantuan. Mereka pandai membuat orang lain merasa diterima.

Karakter seseorang dengan kecerdasan interpersonal adalah ekstrovert, menikmati acara sosial, menyukai tempat yang ramai, suka berempati, suka mengajar orang lain, memiliki banyak teman, menikmati olahraga tim, menasihati orang lain, suka bertemu dengan orang baru dan memiliki rasa yang sensitif terhadap orang lain.

Beberapa pekerjaan yang cocok; menjadi seorang konselor, diplomat, politikus, hubungan masyarakat, resepsionis, agen penjualan, pekerja sosial, supervisor dan manager

kecerdasan

  1. Kecerdasan musikal

Orang – orang yang dikaruniai kecerdasan musik dapat mengenali suara dan nada dengan mudah. Mereka sangat menyukai musik dan irama dan dapat dengan mudah mempelajari lagu dan melodi. Ritme dan musik bisa menjadi cara bagi mereka untuk menghafal konsep. Beberapa orang dengan kecerdasan musik sangat berbakat dalam menulis, bernyanyi atau memainkan alat musik serta sering memiliki lagu yang mengalir di kepala mereka.

Karakter seseorang dengan kecerdasan musikal adalah memiliki pendengaran yang sensitif terhadap suara, dapat menghafal lagu dan nada dengan mudah, memiliki ritme yang baik, menikmati suara yang berbeda, suka bernyanyi, menyukai peluit dan suka mengetukkan sepatu, berbakat dengan instrument

Beberapa pekerjaan yang cocok; menjadi pemimpin paduan suara, komposer, konduktor, disc jockey, guru musik, pemusik, produser rekaman, penyanyi, penulis lagu, worship minister

kecerdasan

  1. Kecerdasan kinetik

Seseorang dengan kecerdasan kinetik belajar melalui gerakan dan eksperimen. Mereka menikmati olahraga dan kegiatan yang membutuhkan pengerahan tenaga fisik dan penguasaan. Mereka menikmati sisi artistik gerakan seperti tarian atau gerakan kreatif lainnya. Mereka juga menikmati akting dan tampil di depan banyak orang.

Orang-orang dengan kecerdasan Kinestetik senang membangun berbagai hal dan mencari tahu bagaimana segala sesuatunya berjalan. Mereka suka menggunakan tangan mereka dan sangat aktif. Mereka memiliki keterampilan dan koordinasi motorik yang sangat baik. Mereka sangat fisik dan sangat sadar akan tubuh mereka.

Karakter seseorang dengan kecerdasan kinetik adalah menikmati olahraga, mencari kegembiraan, sangat aktif, kreatif, energik, menikmati alam bebas, atletis dan learn by doing

Beberapa pekerjaan yang cocok; menjadi aktor atau aktris, atlet, tukang kayu, pekerja konstruksi, petani, pemadam kebakaran, montir, park ranger, personal trainer

kecerdasan

  1. Kecerdasan naturalis

Orang – orang dengan kecerdasan naturalis memiliki kepekaan dan apresiasi yang tinggi terhadap alam. Kecerdasan naturalis berfokus pada bagaimana orang berhubungan dengan lingkungan alaminya. Mereka memiliki ketertarikan terhadap tanaman, sayuran, buah, hewan dan pandai memahami mereka.

Naturalis dapat dengan mudah membedakan pola di alam. Mereka sadar dan penasaran dengan fenomena cuaca. Mereka pandai menemukan keajaiban alam. Kaum naturalis suka berjalan, mendaki, berkemah, dan mendaki. Mereka menikmati alam bebas. Orang dengan kecerdasan Naturalis terinspirasi dan diremajakan oleh alam.

Karakter seseorang dengan kecerdasan naturalis adalah memperhatikan pola alam seperti sadar akan perubahan cuaca, belajar melalui kontak alami, sangat membenci polusi, nyaman dengan binatang, baik dalam hal berkebun, sangat menghargai tanaman dan pemandangan indah, terinspirasi oleh alam, menikmati kegiatan di luar ruangan.

Beberapa pekerjaan yang cocok; menjadi pelatih hewan, peternak, petani, ahli geologi, holtikulturis, ahli biologi kelautan, dokter hewan dan arborist

kecerdasan

  1. Kecerdasan intrapersonal

Setelah kecerdasan interpersonal yang sudah dibahas di nomor dua, ada yang namanya kecerdasan intrapersonal. Seseorang dengan kecerdasan intrapersonal mahir dalam mencari tahu perasaan, motivasi dan tujuan mereka sendiri. Pada dasarnya mereka orang yang introvert. Mereka menganalisis diri mereka sendiri dan mencari pengertian.

Filsafat, psikologi, dan teologi sering menarik perhatian orang dengan kecerdasan intrapersonal. Mereka menikmati jurnal karena membantu mereka belajar tentang diri mereka sendiri. Mereka juga pandai membantu orang lain memahami diri mereka sendiri. Mereka mampu memprediksi reaksi diri sendiri dan orang lain.

Karakter seseorang dengan kecerdasan intrapersonal adalah intuitif, self-aware, suka belajar tentang diri, filosofis, independen, menikmati jurnal, bekerja sendiri dengan baik, introvert, tertarik dengan wirausaha atau self-employment.

Beberapa pekerjaan yang cocok; menjadi pengusaha, petani, sejarawan, penemu, pustakawan, filsuf, psikolog, ilmuwan, teolog, dan konselor

kecerdasan

  1. Kecerdasan matematis dan logika

Orang – orang yang terlahir dengan kecerdasan matematis dan logika akan sangat tertarik untuk melakukan investigasi dengan menggunakan metode ilmiah. Mereka melakukannya dengan baik dengan metode kuantitatif yang bergantung pada kemampuan peneliti untuk mengamati dan mencapai kesimpulan yang dapat diverifikasi.

Mereka tidak menyukai asumsi yang keliru dan analisis subyektif. Sebaliknya, mereka mempercayai fakta-fakta keras dan data numerik. Mereka mencari ketepatan dan ketelitian dalam belajar dan bekerja. Pikiran mereka kompleks dan berfungsi seperti komputer. Kecerdasan Logis berkembang pada model matematika, pengukuran, abstraksi dan perhitungan yang rumit.

Karakter seseorang dengan kecerdasan matematis dan logika adalah suka berpikir rasional dan logis, objektif, sangat menyukasi game strategi dan angka, mencari presisi, baik dalam hal matematika dan menyukai ilmu pengetahuan.

Beberapa pekerjaan yang cocok; akuntan, programmer komputer, insinyur, perencana keuangan, pengacara, ahli matematika, dokter medis, perwira militer, ilmuwan, guru matematika.

Reviewed by: dr. Inggrid
Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.comFacebook: Ciputra Medical CenterInstagram: @ciputramedicalcenter