Piercing / Menindik Anggota Tubuh

Piercing / Menindik Anggota Tubuh

Sebelum melakukan tindakan piercing / menindik anggota tubuh, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan Anda pertanyakan ke diri sendiri, seperti: pertama, jika Anda berumur di bawah 17 tahun, merupakan hal yang bijak untuk menanyakan dan mengonsultasikan dengan orang tua terlebih dahulu untuk mendapatkan izin dan sebagai bentuk dari rasa hormat, kedua, jika Anda masih berstatus sebagai pelajar baik di sekolah maupun di universitas apakah peraturan sekolah memperbolehkan? Beberapa sekolah tidak memperbolehkan pelajar untuk memiliki tindik di bagian wajah, ketiga, Apakah Anda sedang mencari pekerjaan? Beberapa perusahaan tidak memperbolehkan pekerjanya untuk memiliki facial piercings (tindikan di bagian wajah) dan juga memiliki tattoo, pastikan tindikan yang Anda miliki sesuai dengan image dari perusahaan yang ingin Anda lamar. Keempat, Apakah Anda merupakan seorang yang senang mendonorkan darah? Beberapa organisasi tidak menerima darah dari pendonor yang melakukan piercing dalam setahun terakhir. Kelima, sebelum melakukan tindakan ini, pastikan Anda melakukan vaksinasi hepatitis B dan tetanus untuk menghindarkan Anda dari penyakit menular yang berbahaya.

Ketika dilakukan oleh seorang yang sudah profesional, maka piercing / menindik anggota tubuh akan aman untuk dilakukan, akan tetapi ketika alat – alat yang digunakan tidak steril dan juga dengan orang yang tidak profesional, maka ada risiko untuk mendapat penyakit yang ditularkan melalui darah seperti hepatitis B, hepatitis C, tetanus dan HIV. Bahkan dalam lingkungan yang steril (bebas kuman), beberapa risiko umumnya dapat berupa; infeksi kronis, alergi kulit, abses (daerah kulit yang dipenuhi nanah dan nyeri), peradangan atau kerusakan saraf dan pendarahan yang berkepanjangan. Oleh karena itu, seseorang dengan kondisi tubuh yang memiliki diabetes, penyakit jantung, sistem imun yang lemah, mengonsumsi steroid atau pengencer darah dan mengandung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

piercing / menindik anggota tubuh

Menentukan piercing shop yang aman dan steril

Banyak negara yang mengatur tindik badan tetapi tidak semuanya. Sebelum melakukan piercing / tindik di piercing shop, Anda harus selalu memeriksa lingkungan penindikan yang aman seperti:

– Piercer (seorang yang akan melakukan tindakan tindik) mencuci tangannya terlebih dahulu dengan sabun anti kuman

– Piercer menggunakan sarung tangan sekali pakai yang baru

– keadaan toko yang bersih dan nyaman

– toko yang menggunakan autoclave (mesin sterilisasi khusus)

– semua peralatan disterilkan atau sekali pakai

– menggunakan jarum yang baru dan dibuang dalam wadah khusus setelah digunakan

 

Rentang waktu penyembuhan setelah melakukan piercing / menindik anggota tubuh

Waktu penyembuhan sangat bergantung dari bagian / lokasi bagian tubuh yang ditindik. Berikut adalah rata – rata waktu penyembuhan untuk penindikan yang umum:

– Daun telinga: 6 hingga 8 minggu

– Tulang Rawan Telinga: 4 bulan – 1 tahun

– Alis: 6 – 8 minggu

– Nostril: 2 – 4 bulan

– Nasal septum: 6 – 8 bulan

– Lidah: 4 minggu

– Bibir: 2 – 3 bulan

– Belly button: 4 bulan hingga 1 tahun

Tindikan pada area mulut memiliki risiko terinfeksi penyakit yang lebih tinggi dibandingkan area tubuh yang lain karena, perhiasan dapat menyebabkan keretakan pada gigi dan juga gusi yang surut.

 

Perawatan setelah melakukan piercing / menindik anggota tubuh

Sesaat setelah melakukan tindakan, piercer akan memberikan instruksi khusus untuk membersihkan tindik Anda seperti: mencuci tangan sebelum membersihkan tindikan, membersihkan area yang tertusuk dengan sabun antibakteri, merendam penindikan ke dalam air asin untuk membersihkannya, membilas dengan obat kumur anti bakteri yang bebas alkohol untuk tindik pada area lidah dan bibir.

piercing / menindik anggota tubuh

Ketika terjadi infeksi

Beberapa rasa sakit atau pembengkakan sementara merupakan hal normal yang dirasakan, tetapi jika rasa sakit berlanjut, itu bisa terjadi infeksi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berhati – hatilah jika Anda mendapatkan tindik pada area oral. Ini lebih rentan terhadap infeksi karena bakteri di mulut. Berikut bebrapa tanda – tanda infeksi:

– Rasa nyeri yang tidak hilang setelah satu atau dua hari

– Rasa sakit atau bengkak yang tidak biasa

– Memiliki bau yang buruk

– Pendarahan berkepanjangan

– Kemerahan yang berlebihan

Ketika Anda mengalami hal – hal di atas, jangan mengambil perhiasan karena hal ini akan menyebabkan lubang menutup dan menjebak infeksi. Hal yang tepat untuk dilakukan adalah dengan menemui dokter untuk perawatan.

Reviewed by: dr. Ditta

Informasi dan Appointment :

Ciputra Medical Center

(+62) 21 298 81 37 /

www.ciputramedicalcenter.comFacebook: Ciputra Medical Center

Instagram: @ciputramedicalcenter