Benda – Benda terkotor di Rumah Anda

Benda – Benda terkotor di Rumah Anda

Sahabat healthcare, mungkin yang terdapat di benak Anda ketika memikirkan benda – benda terkotor di rumah adalah tong sampah, toilet, atau rak sepatu. Tetapi tahukah Anda ada beberapa benda – benda yang sebelumnya Anda kira bersih ternyata penuh dengan kuman dan bakteri karena penggunaannya yang sering bersentuhan langsung dengan peralatan rumah tangga atau juga makanan Anda. Oleh karena itu, mari simak daftar benda – benda terkotor di rumah Anda:

  1. Spons untuk mencuci piring: Ya, spons yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring. Kelihatannya tidak berbahaya memang, tetapi ini dapat menjadi salah satu dari benda – benda yang paling kotor di rumah Anda mengingat semua sisa makanan dibersihkan olehnya. Untuk menjaga kebersihan rumah, ganti dengan spons yang baru setidaknya setiap dua minggu atau lebih cepat jika sudah memiliki bau yang tidak enak. Dalam keadaan darurat, Anda dapat mencoba untuk membersihkannya dengan membasahi spons dan masukkan ke dalam microwave selama satu menit (jika tidak mengandung baja atau logam lainnya), atau dengan memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring dan menggunakan air panas, atau merendamnya dalam satu liter air dengan sendok teh bleaching.

 

  1. Wastafel dapur: ketika Anda membersihkan daging mentah, buah – buahan atau sayuran, biasanya Anda akan menggunakan wastafel. (Anda juga mungkin mengelapnya dengan spons dapur) Bakteri dari bahan makanan tadi akan berpindah ke wastafel. Untuk membuatnya tetap bersih, bersihkan sisi wastafel dan salurannya dua kali seminggu. Siapkan satu sendok larutan bleaching(pemutih) yang dilarutkan di dalam satu liter air dan tuangkan ke saluran air wastafel Anda sebulan sekali. Selain itu, jangan khawatir bila membilas daging atau unggas, memasaknya hingga suhu yang tepat akan membunuh bakteri.

 

  1. Sikat gigi: di dalam mulut manusia terdapat berbagai ratusan jenis bakteri yang berbeda – beda. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sikat gigi Anda juga dapat memiliki banyak bakteri. Sikat gigi masuk ke daftar ketiga benda – benda terkotor yang ada di rumah Anda. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan air sabun hangat atau dengan menggunakan disinfektan.

 

  1. Mangkuk makanan hewan peliharaan: tempat makanan hewan peliharaan juga termasuk ke dalam daftar benda – benda terkotor di rumah Anda. Akan tetapi, Anda tidak bisa meminta “si manis” (hewan peliharaan Anda) untuk membersihkannya sendiri. Anda dapat menggunakan air sabun hangat pada saat mencucinya atau sekali seminggu merendamnya dalam larutan pemutih yang sudah dicampur dengan 1 liter air selama 10 menit.

 

  1. Mesin pembuat kopi:Anda mungkin tidak pernah menyangka / memikirkan hal ini. Bagian yang paling kotor adalah bagian penampung air karena bakteri dapat berkembang di lingkungan yang gelap dan lembab. Untuk membersihkannya, isi dengan beberapa cangkir cuka dan diamkan selama 30 menit. Kemudian hidupkan mesin dan keluarkan cairan cuka tadi. Setelah itu, tuangkan air bersih untuk membersihkan sisa cuka.

 

  1. Tombol kompor:benda ini mungkin tidak termasuk ke dalam daftar pembersihan reguler Anda, tetapi coba pikirkan seberapa sering Anda menyentuhnya, kemudian seberapa sering Anda membersihkannya. Tombol kompor juga merupakan salah satu benda – benda terkotor di rumah. Untuk membersihkannya sangat mudah, keluarkan dan bersihkan dengan air sabun hangat seminggu sekali.

 

  1. Keran kamar mandi:ternyata gagang keran di wastafel kamar mandi memiliki lebih banyak kuman dan bakteri daripada tombol flush toilet atau gagang pintu kamar mandi. Bersihkan keran kamar mandi setiap hari dengan disinfektan.

 

  1. Meja makan: benda ini juga termasuk ke dalam daftar benda – benda terkotor di rumah. Area di mana Anda menyiapkan makanan lenih cenderung menjadi rumah bagi bakteri berbahaya seperti salmonella dan E.coli terutama ketika permukaan meja makan bersentuhan dengan spos dapur, telepon, dompet dan bahkan hewan peliharaan. Untuk itu, bersihkan setiap hari dengan sabun panas dan bersihkan dengan pembersih yang sirekomendasikan untuk meja.

Reviewed by dr. Inggrid

Source: https://www.webmd.com/cold-and-flu/ss/slideshow-house-gross-things