5 Risiko Menurunkan Berat Badan Berlebih Secara Cepat

5 Risiko Menurunkan Berat Badan Berlebih Secara Cepat

Menurunkan berat badan secara cepat memang diminati oleh banyak orang. Beragam alasan seperti ingin tampil lebih menarik, ingin lebih sehat, menjadi dasar bagi mereka untuk dapat menurunkan berat badan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Sayangnya, menurunkan berat badan berlebih secara cepat memiliki risiko yang berbahaya bagi tubuh. Apa sajakah risikonya? Berikut ulasannya:

  1.  Meningkatkan risiko kerusakan hati (liver).
    Menurut penelitian, menurunkan berat badan lebih dari 4 kilogram dalam waktu seminggusangat berpotensi meningkatkan risiko kerusakan hati.
  2. Pembentukan batu empedu.
    Selain dipengaruhi oleh faktor usia, meningkatnya risiko pembentukan batu empedu juga dapat dipengaruhi oleh berat badan. Risiko Anda akan meningkat jika mengalami kelebihan berat badan, obesitas, hingga penurunan berat badan secara drastis.
  3. Gangguan elektrolit tubuh.
    Penurunan berat badan secara berlebih bisa menyebabkan mineralatau elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh terganggu. Hal ini bisa menjadi sangat berbahaya, bahkan kasus gangguan elektrolit yang parah bisa menyebabkan koma, kejang, seranganjantung, dan kematian.
  4. Gangguan metabolisme.
    Tubuh manusia memiliki cara alami untuk melindungi sistemnya terhadap penurunan berat badan yang berlebihan. Jika jumlah kalori menurun drastis secara tiba-tiba, maka tubuhkita dengan sendirinya akanmengurangi tingkat metabolisme tubuh. Terganggunya metabolisme tubuh pada akhirnya malah membuat berat badan bertambah secara signifikan juga berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.
  5. Penyakit jantung.
    Menurunkanberat badan secara cepat bisa menekan kerja jantung dan membuatnya lebih stres, kondisi ini bisa menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Jadi, jika anda ingin mendapatkan tubuh ideal, lakukanlah diet kalori yang disertai dengan pola makan gizi seimbang. Jangan memaksakan untuk menurunkan berat badan secara cepat dengan cara yang berbahaya bagi tubuh anda sendiri. Anda juga bisa berkonsultasi dengan para ahli dari tim Ciputra Medical Center dan mendapatkan informasi lebih lanjut.